Hati-hati Gunakan 3 Kata Bahasa Bali ini!

Bahasa Bali Feb 21, 2018 No Comments

Meskipun saat berkunjung ke Bali Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia, tetapi tidak ada salahnya untuk sedikit belajar bahasa Bali dan Bahasa Bali Translate. Bisa dijamin orang Bali akan sangat tersanjung jika Anda menggunakan bahasa daerahnya pada saat menyapanya dan tidak ada salahnya juga jika Anda ikut serta dalam kursus bahasa inggris online.

Be careful using these 3 words of bali language

Apalagi menguasai bahasa Bali sebenarnya cukup mudah. Sama mudahnya ketika Anda sedang belajar bahasa daerah lain di Indonesia. Dengan syarat Anda harus memilih trik yeng tepat.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

7 Tips Belajar Bahasa Bali Dengan Cepat

Segala sesuatu akan lebih mudah dilakukan jika tahu caranya. Dan cara yang dipilih adalah cara yang paling efektif. Begitupun juga ketika Anda ingin belajar bahasa Bali. Banyak tips belajar bahasa Bali yang bisa Anda pilih. Tetapi jika ingin cepat menguasainya, lakukan 7 tips belajar bahasa bali di bawah ini:

1. Perbarui Kosakata Bahasa Bali Setiap Hari

Sudah menjadi hal yang wajar jika ingin menguasai sebuah bahasa, memperbanyak perbendaharaan kosakata menjadi sangat penting untuk dilakukan. Upayakan untuk selalu menambah 3-5 kosakata setiap harinya.

2. Pelajari Kosakata Bahasa Bali Sehari-hari

Lebih memperkaya kosakata terutama kosakata yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari orang Bali akan sangat membantu untuk mempercepat penguasaan bahasa Bali.
Mislanya saja untuk menanyakan kabar dalam bahasa Bali seringnya menggunakan ‘kenken kabare’. Lalu untuk menjawab sapaan tersebut Anda bisa menggunakan ‘becik-becik.

3. Praktekkan Pengucapan Bahasa Bali

Jangan lupa dan jangan malu untuk selalu memprektekkan setiap kosakata yang sudah Anda pelajari. Apalagi dalam hal ini pengucapan menjadi hal yang terbilang cukup penting.
Kenapa demikian? Sebab dalam komunikasi terkadang bisa menjadi salah arti ketika pada saat mengucapkannya dilakukan dengan penuturan yang salah. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memperhatikan hal-hal semacam ini.

4. Praktekkan Bahasa Daerah Bali dengan Teman

Supaya setiap pengucapan ataupun bahasa dapat diketahui dengan benar maka setidaknya Anda butuh orang lain agar dapat menilai tingkat pemahaman penguasaan bahasa Bali Anda. Ajaklah teman untuk mempraktekkan bahasa Bali yang sudah Anda kuasai.

Cara prakteknya pun bisa bermacam-macam. Contohnya saja bisa dengan cara mengobrol dengan menggunakan bahasa Bali, menebak kosakata maupun dengan cara lain yang sekiranya bisa membuat Anda semakin semangat untuk mempelajari lebih jauh lagi bahasa Bali ini.

5. Gunakan untuk Kehidupan Sehari-hari

Yang tidak kalah penting lainnya agar supaya Anda cepat menguasai bahasa Bali adalah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebab mahir berbahasa bisa dimulai dengan cara terbiasa menggunakannya.
Maka dari itu, usahakan untuk selalu menggunakan bahasa Bali baik ketika Anda berada di rumah, saat bersama teman, maupun dalam kesempatan yang lainnya. Ingat jangan pernah malu untuk melakukannya.

6. Pelajari Cara Membaca Bahasa Bali yang Benar

Hal penting lainnya saat belajar bahasa Bali adalah dapat membaca dengan cara yang benar. Sebab di dalam bahasa Bali memiliki ciri khas yang begitu kental dengan akhiran /e/.
Contohnya saja setiap kata yang berakhiran huruf /a/, huruf /a/ tersebut dirubah menjadi /e/, seperti ketika Anda membaca ‘tante’. Lalu ketika kata tersebut berakhiran huruf /e/, maka cara bacanya seperti ketika Anda menyebutkan kata ‘bule’.

7. Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Supaya bisa lebih terbiasa lagi dengan bahasa Bali, Anda bisa memanfatakan keberagaman teknologi yang sudah ada saat ini. Contohnya saja seperti mendengarkan berita lokal Bali, melihat TV Bali, dan lain sebagainya.
Membiasakan untuk selalu mendengarkan cerita dengan bahasa Bali bisa membuat Anda lebih mudah lagi menyerap bahasa serta akan lebih paham lagi bagaimana cara pengucapan bahasa Bali yang baik dan benar.
Seperti itulah beberapa tips belajar bahasa Bali dengan cepat. Dan jangan lupa juga untuk tidak bosan saat belajar bahasa Bali. Sebab terkadang rasa bosan justru akan membuat Anda sulit menguasai bahasa Bali.

Hindari Menggunakan Bahasa Kasar Bali

Setiap masyarakat memiliki budaya masing-masing. Dan budaya tersebut tidak lepas dari bahasa mereka sendiri. Begitu dengan Bali. Ada hal yang harus Anda ketahui mengenai budaya serta bahasa Bali yang dianggap kurang sopan bagi masyarakat lokal.

1. Pirata

Pirata itu leluhur orang Bali. Dan jika Anda menyebut kata tersebut, Anda dianggap telah berdosa.

2. Cicing Cai

Sebenarnya, cicing itu artinya anjing, hewan piaraan yang sangat disukai oleh sebagian besar orang Bali. Akan tetapi, jika ditambah dengan Cai, itu artinya Anda anjing atau lebih tepatnya Anda bertingkah laku seperti anjing.

3. Nani

Bagi Anda yang sudah sering ke Bali dan berkumpul dengan masyarakat lokal, Anda mungkin pernah dengar kata Nani. Ini sebenarnya artinya Anda. Hanya sajai, bagi orang Bali, ini sangat kasar.

Dan masing banyak lagi kata kasar yang sebaiknya Anda tidak ucapkan saat di Pulau Dewata Bali. Sekarang, Anda hanya perlu fokus belajar kosakata dan kalimat yang paling sering digunakan ketika Anda berlibur di Bali. Saat di sana, praktikkan dengan orang lokal.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *