Faktor Inilah Yang Bisa Mempercepat Kamu Menguasai Bahasa Banjar Beserta Contoh

Bahasa Banjar Aug 27, 2018 No Comments

Kondisi yang sangat wajar ketika ada kesulitan pada saat ingin menguasai bahasa yang bukan bahasa ‘ibu’. Apalagi bahasa daerah. Tetapi kesulitan tersebut bisa langsung hilang seketika ketika kamu sudah tahu cara paling tepat untuk mempelajarinya. Kamu bisa sangat terbantu terutama jika kamu belajar di tempat kursus, seperti saat kamu belajar bahasa inggris di tempat kursus bahasa Inggris di Bekasi atau di daerah manapun kamu tinggal.

Atau ketika kamu yang kebetulan adalah orang suku Jawa tetapi ingin mencoba belajar bahasa Banjar, bahasa daerah yang digunakan oleh suku Banjar yang umumnya bertempat tinggal di Kalimantan Selatan.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Dikarenakan bahasa Banjar bukanlah bahasa ‘ibu’, wajar saja jika kamu merasa kesulitan saat mempelajarinya. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa mempelajari bahasa Banjar. Untuk membantu kamu belajar, yuk intip rahasianya.

Perbanyak kosakata Bahasa Banjar

Seperti halnya ketika kamu ingin lancar menggunakan bahasa tertentu, tarulahlah ingin lancar berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, sudah pasti penguasaan kosakata sangat berpengaruh.

Semakin banyak kamu menguasai kosakata dalam bahasa Inggris secara otomatis juga akan semakin mempermudah kamu lancar berbicara dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak menambah kosakata bahasa Banjar jika ingin segera menguasainya.

rumah adat banjar

Image Source: bappelitbang[dot]banjarkab[dot]go[dot]id

Memiliki konsistensi dan komitmen

Lantaran tidak semua orang tahu serta mengerti bahasa Banjar ini, maka dibutuhkan sebuah komitmen dan konsistensi bahwa kamu benar-benar ingin menguasaiya hingga tuntas sesuai dengan target.

Carilah partner yang memiliki tujuan sama

Agar supaya lebih mempermudah dan mempercepat kamu dalam belajar bahasa Banjar, memiliki patner yang punya tujuan sama bisa menjadi sebuah solusi yang sangat brilian. Apalagi saat ini kecanggihan teknologi sudah sangat mendukung.

Jadi mencari teman tidak perlu lagi harus bertatap muka secara langsung. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkannya. Jika masih kesulitan, tempat kursus bahasa Banjar bisa menjadi solusi mendapatkan banyak teman yang memiliki visi dan misi sama.

Jangan pernah malu untuk praktek

Banyak yang kurang percaya diri jika disuruh untuk praktek berbicara dengan menggunakan bahasa daerah yang sudah dipelajarinya. Alasan takut salah, dianggap aneh, sok-sokan, dan banyak gaya masih menjadi penghalang yang berasal dari dalam dirinya.

Ingat dengan benar bahwa tujuan hidup kamu bukanlah untuk yang gemar berceloteh seperti itu. Oleh sebab itu, percaya diri saja dan jangan pernah malu untuk menggunakan bahasa daerah yang sudah kamu pelajari.

Beberapa Contoh Kalimat Dalam Bahasa Banjar

tarian khas adat banjar

Image Source: blogspot[dot]com

Contoh di bawah ini merupakan beberapa kalimat dalam bahasa Banjar yang terbilang sebagai bahasa percakapan sehari-hari. Jadi sudah pasti beberapa contoh kalimat di bawah ini sering sekali digunakan oleh suku Banjar untuk komunikasi setiap harinya.

A: Siapa ngaram pian? (Siapa nama kamu?)
B: Ngaram ulun Aulia (Nama saya Aulia)
A: Pian handak ka mana? (Kamu mau ke mana?)
B: Ulun handa mailangi kuitan (Saya ingin menengok orangtua)

Itulah sedikit contoh percakapan dua orang dengan menggunakan bahasa Banjar sehari-hari. Jika kamu ingin segera bisa berbicara dengan menggunakan bahasa Banjar, maka jenis kosakata untuk percakapan sehari-hari seperti ini harus kamu kuasai dulu.

Nah kamu bisa mulai mempelajari dan mempraktekkan percakapan sehari-hari dalam bahasa Banjar ini. Paling tidak ketika kamu berkunjung ke Kalimantan Selatan, kamu sudah bisa sedikit berkomunikasi dengan masyarakat setempat menggunakan bahasa keseharian mereka, yaitu bahasa Banjar.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *