Cara Termudah Menguasai Bahasa Sunda Dalam Seminggu

Bahasa Sunda Feb 27, 2018 1 Comment

Tidak hanya bahasa Sunda saja, belajar bahasa apapun pada awalnya akan terasa sulit. Selain sulit sudah pasti sangat membosankan. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang kurang berminat untuk belajar bahasa yang satu ini.

Apalagi belajar bahasa daerah, belajar bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional saja banyak yang menyerah di tengah jalan. Banyak alasan yang menyebabkan hal seperti ini sampai terjadi.

Mulai dari kesulitan menghafal kosakata sampai dengan kesulitan memahami seperti apa struktur bahasa yang benar. Oleh sebab itu sangat tidak mengherankan jika banyak yang kurang berminat belajar bahasa.

Tetapi sebenarnya belajar bahasa apapun itu mudah. Asalkan belajarnya menggunakan metode yang tepat. Namun terkadang meskipun belajarnya sudah menggunakan metode, tapi nyatanya masih saja merasa kesulitan. Sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya?

Banyak faktor yang bisa mendasari kenapa Anda gagal untuk menguasai sebuah bahasa. Tapi apapun itu, sebelum Anda memilih metode belajar bahasa, kenali dulu diri Anda sendiri. Sehingga nantinya bisa menyesuaikan metode yang cocok untuk diri Anda sendiri.

Jika memang situasi menuntut Anda untuk segera menguasi sebuah bahasa tertentu, tidak ada salahnya untuk mengambil kursus bahasa. Meskipun Anda harus keluar uang sedikit, tapi dijamin Anda tidak akan rugi.
Sayangnya, sulit sekali untuk menemukan lembaga kursus Bahasa Sunda. Mungkin tidak ada karena tidak banyak peminat. Dan sebenarnya, Anda juga bisa belajar secara otodidak jika tahu bagaimana cara belajar Bahasa Sunda yang cepat dan tepat.

Kosakata Sehari-hari Dalam Bahasa Sunda

Supaya lebih cepat menguasai sebuah bahasa, memahami kosakata dan belajar bahasa sunda sehari-hari yang sering digunakan oleh pemilik bahasa tersebut bisa sangat membantu dalam proses penguasaan suatu bahasa.

Begitupun juga ketika Anda ingin menguasai bahasa Sunda. Supaya bisa mempermudah belajar bahasa Sundanya, coba hafalkan kosakata yang sering digunakan oleh masyarakat Sunda untuk bekomunikasi setiap harinya.

Paling tidak, dengan menguasai kosakata keseharian seperti ini, bisa Anda jadikan sebagai batu pijakan untuk menguasai bahasa Sunda secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa contoh kosakata yang paling sering digunakan oleh masyarakat Sunda untuk berkomunikasi setiap harinya.

Kosakata Bhs Sunda

Arti Bhs Sunda

Hatur Nuhun Terimakasih
Sami-sami Sama-sama
Punten Permisi
Kumaha damang? Apa kabar? atau Bagaimana kabarnya?
Nuju Naon (halus), Keur Naon (bias, kasar) Lagi apa?
Bade Kamana? (halus), Rek Kamana? (biasa, kasar) Mau kemana?
Kumaha Bagaimana?
Kunaon atau Naon Kenapa atau Apa
Saha atau Anjen (halus), Maneh (biasa, kasar) Siapa atau Kamu
Kamana Kemana
Timana Darimana
Guelis Pisan Cantik (banget)
Kasep Pisan Ganteng (banget)
Rerencangan (halus), Babaturan (biasa, kasar) Teman
Sepuh (halus), Kolot (biasa. kasar) Tua
Ngora Muda
Tuang, Neda (halus), Emam, Dahar (biasa, kasar) Makan
Atos Tuang Tue Acan? Sudah makan belum?

Seperti halnya bahasa Jawa, bahasa Sunda juga sama saja ada tingkatannya. Jadi ada Sunda halus, biasa, dan kasar. Oleh sebab itu, Anda juga harus menyesuaikan kosakata yang tepat pada saat ingin berbicara dengan menggunakan bahasa Sunda.

Jangan sampai ketika berbicara dengan seseorang yang secara umur lebih tua atau seseorang yang dihormati lantas Anda menggunakan bahasa Sunda biasa atau kasar. Dalam kondisi ini Anda harus menggunakan bahasa Sunda yang halus.

Akan tetapi, Anda tidak perlu terlalu memperdulikan penggunaan tingkatan Bahasa. Orang Sunda tidak akan tersinggung jika ternyata Anda menggunakan Bahasa Sunda biasa kalau mereka mengerti Anda sedang dalam proses belajar. Ini penting agar Anda tidak menemukan terlalu banyak kesulitan sehingga Anda justru menyerah dan tidak mau lagi belajar Bahasa Sunda.

Dan supaya bisa dengan cepat menguasai bahasa Sunda, jangan lupa untuk langsung dipraktekkan. Jangan dihafalkan saja. Takutnya nanti justru akan hilang. Dan kondisi seperti inilah yang terkadang membuat seseorang untuk tidak semangat lagi belajar bahasa.

Praktik Bahasa Sunda tidaklah mudah. Cari lawan bicara. Toh sekarang banyak perantau dari daerah Sunda yang tersebar di mana-mana. Dan biasanya, para perantau tersebut memiliki komunitas asli dari Sunda. Anda bisa berteman dengan salah satu dari mereka. Kemudian, sesekali datang dan nongkrong bersama komunitas tersebut. pasti perkembangan penguasaan Bahasa Sunda Anda lebih cepat.

Belajar Bahasa baru itu seperti anak kecil yang sedang belajar bicara. Apa yang anak kecil lakukan? Mendengarkan lalu mencoba mempraktikkan. Jadi, selain mempelajari kosakata Bahasa Sunda, ada baiknya Anda sering mendengarkan radio Sunda, lagu-lagu Sunda, lawak Sunda, dan lain sebagainya. Dengan lebih sering dan lebih banyak mendengar, Anda bisa cepat sekali menguasai Bahasa Sunda.

Semoga ulasan singkat mengenai beberapa contoh kosakata yang sering digunakan oleh masyarakat Sunda untuk berkomunikasi di atas bisa membatu Anda dalam proses belajar bahasa Sunda. Dan semoga bisa secepatnya menguasai bahasa Sunda. Baik dari kosakatanya maupun intonasinya.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

One Comments

  1. Abelsa

    Bareto abdi meser buku leutik undak unduk basa sunda ti Balai Pustaka nu di jalan gunung sahari tea di Jakarta! Buku ieu oge bageur pisan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *