Cara Mudah Untuk Mempelajari Bahasa Jawa

Bahasa Jawa Feb 12, 2018 No Comments

Belajar Bahasa Jawa kadang diperlukan, terutama bagi Anda yang memiliki kerabat yang tinggal di pulau Jawa. Berkomunikasi dengan bahasa yang sama seperti misalnya percakapan bahasa inggris juga akan memberikan keakraban tersendiri. Lalu, bagaimana cara Anda mempelajarinya?

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara mudah belajar Bahasa Jawa, ada bukti penting yang harus Anda ketahui. Banyak orang Jawa yang pindah ke tempat lain karena tuntutan pekerjaan. Akhirnya, mereka menikah dengan orang lokal. Dan kebanyakan orang yang masuk di sebuah keluarga Jawa sulit untuk membaur. Apalagi masyarakat Jawa dikenal sebagai masyarakat yang halus dengan tata krama yang begitu ketat. Jelas menjadi tantangan tersendiri bagi orang luar Jawa misalkan Batak atau Minang untuk berkomunikasi dengan Orang Jawa dengan Bahasa yang sangat halus.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

wayang-jawa-1

Hal inilah yang ternyata sering memicu konflik. Sering Orang Jawa tersinggung misal ketika ada orang dari luar Jawa yang intonasinya tinggi. Memang begitu ketatnya Bahasa Jawa hingga intonasi saja menjadi masalah besar.
Lanjut ke pokok persoalan bagaimana cara beljaar Bahasa Jawa. Sebenarnya tidaklah sulit untuk mempelajarinya. Terutama bagi Anda yang tinggal di sekitar orang-orang Jawa. Pasalnya, banyak orang Jawa yang merantau dan tinggal di sekeliling Anda.

Ini merupakan kesempatan besar buat Anda dalam mempelajarinya. Namun untuk meningkatkannya, tentu ada cara tersendiri yang bisa dilakukan. Mari simak bagaimana cara belajar Bahasa Jawa yang mudah di bawah ini.
Tingkatan Bahasa Jawa Dalam Bahasa Pergaulan Sehari-hari
Bahasa Jawa sendiri memiliki tingkatan. Ada yang disebut dengan bahasa ngoko (bahasa harian), ada juga bahasa kromo (bahasa yang lebih halus).

Tingkatan ngoko biasanya digunakan untuk bercakap-cakap dengan orang sebayanya. Biasanya digunakan dengan teman dekat.

Sementara bahasa kromo digunakan untuk berbicara pada orang yang lebih tua. Fungsinya adalah berbahasa dengan cara yang sopan.

Kedua jenis ini menunjukkan sifat unggah-ungguh antara Anda dengan orang lain. Dan ini menunjukkan sisi sopan tidaknya Anda dalam berkomunikasi. Jadi, tidak sembarangan Bahasa Jawa ini digunakan.

Ketika Anda bisa menggunakannya secara sopan santun, maka Anda akan dihargai oleh lawan bicara. Sebaliknya, Anda akan dicap sebagai orang yang tidak memiliki kesopanan bila menggunakan bahasa ngoko pada orang yang lebih tua.
Atau Anda dicap terlalu sopan dan kaku dalam berbicara. Contohnya adalah menggunakan bahasa kromo halus pada teman seumuran.

[extoc]

Cara Paling Mudah Untuk Belajar Bahasa Jawa

Ada dua cara yang bisa ditempuh supaya bisa mahir berBahasa Jawa. Diantaranya adalah memahami dan memperkaya kosakata/ungkapan, kemudian mempraktekkannya secara langsung.

Kosakata Bahasa Jawa

Kosakata sudah menjadi bagian dalam bahasa. Kosakata inilah yang akan dirangkai dalam sebuah kalimat bemakna. Sebelum memperkaya kosakata, ada hal yang harus diputuskan terlebih dahulu. Yaitu, siapa lawan bicara Anda.
Setelah memastikan lawan bicara, kini saatnya Anda membuat daftar kosakata yang sesuai. Ingat, kosakata yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan siapa yang diajak bicara seperti yang dijelaskan pada tingkatan bahasa tersebut.

Misalnya jika yang diajak bicara adalah teman sebaya, maka kosakata Jawa ngoko adalah pilihan yang tepat. Carilah kata-kata yang paling sering digunakan.
Awalnya bisa berupa intrumen pertanyaan. Contohnya adalah mengapa (keno opo, kenopo, geneo dan lain-lain), apa (opo), kapan (ndek kapan atau kapan) dan lain-lain.
Setelah itu, carilah kata-kata yang sering digunakan. Ini bisa dicermati dalam kebiasaan percakapan yang Anda lakukan. Kemudian bahasakan dalam Bahasa Jawa.
Untuk mempermudahnya, langsung buat daftar kosakata yang dibentuk dalam sebuah kalimat dalam Bahasa Jawa. Baik itu ungkapan sapaan, sampai ungkapan menyatakan pernyataan dan banyak lagi. Intinya, buatlah daftar tersebut.

Praktek secara langsung

dalang wayang kulitIstilahnya adalah practice makes perfect. Praktek akan memberikan hasil yang sempurna. Bila dihubungkan dengan bahasa, maka Anda akan mampu berbicara secara fasih secara langsung.
Caranya adalah sering bertemu dengan lawan bicara (orang jawa). Ajaklah berbicara dengan bahasanya, meskipun kenyataannya Anda hanya bisa berbicara beberapa patah kata saja.

Hal itu bukanlah masalah yang berarti. Karena kenyataannya orang Jawa sangat menjaga persaudaraan dan kesopanan. Jika diajak bicara, pastinya orang Jawa akan cenderung menyambut baik.
Sambil mendengarkan balasan dari lawan bicara, Anda juga bisa menanyakan secara langsung maksudnya. Cara seperti ini akan mempercepat Anda dalam mempelajarinya. Alasannya tentu saja Anda terjun langsung.

Dari penjelasan yang panjang tersebut, ada satu hal yang bisa dijadikan sebuah kesimpulan. Untuk bisa berbicara Bahasa Jawa, Anda harus temukan temukan lawan bicara dan ajaklah bercakap-cakap dengan Bahasa Jawa. Akan lebih baik jika Anda luangkan waktu untuk keluar rumah dan temui orang. Ajak mereka bicara setidaknya 5-10 menit setiap hari. Semakin hari, durasi komunikasi ditambah. Maka, Anda akan cepat menguasai Bahasa Jawa itu sendiri.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *