Cara Mudah Belajar Bahasa Banjar Kalimantan Selatan Beserta Contoh Kalimat

Bahasa Banjar May 23, 2017 No Comments

Bahasa Banjar merupakan bahasa yang digunakan dalam sehari-hari pada suku Banjar yang bertempat tinggal di Kalimantan Selatan. Tidak hanya di suku Banjar saja Anda dapat mendengarkan dialeg bahasa mereka namun di Pulau Kalimantan dan lainnya Anda akan menemukan bahasa Banjar. Bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Banjar dengan mudah berikut cara yang dapat dilakukan.

[extoc]

Tips Belajar Bahasa Banjar

Perbanyak Kosa Kata Bahasa Banjar

Seperti halnya bahasa Inggris, semakin banyak Anda mengenal kosa kata dalam bahasa Banjar otomatis akan semakin mudah Anda memahami kata, kalimat hingga lafal pengucapan orang-orang ketika menggunakan bahasa Banjar. Cara memperbanyak kosa kata Anda dapat berkomunikasi langsung dengan orang yang   terbiasa menggunakan bahasa Banjar atau browsing di internet.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Tentu dengan kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan Anda untuk mencari referensi kosa kata berbagai daerah yang bisa dijadikan sumber belajar bahasa Banjar Anda di internet karena kini banyak web yang menyediakan berbagai kosa kata bahkan cara melafalkannya.

Mempunyai Konsistensi dan Komitmen

Karena bahasa Banjar merupakan bahasa yang tidak semua orang tahu dan mengerti bahasa tersebut, maka Anda harus memiliki konsistensi dan komitmen bahwa Anda benar-benar akan mempelajarinya hingga tuntas sesuai dengan target.

Konsistensi dan komitmen dapat Anda dapatkan jika benar-benar merasa bahwa pelajaran bahasa Banjar yang ingin dikuasai itu suatu hal yang penting, bukan tuntutan dan Anda enjoy didalam belajar.

Cari Partner yang Mempunyai Keselarasan Tujuan

Banyaknya bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari membuat sebagian besar orang menginginkan untuk belajar bahasa satu sama lainnya berbeda, untuk itu pastikan Anda mencari partner belajar yang mempunyai keselarasan tujuan yaitu sama-sama berkeinginan untuk mempelajari bahasa Banjar.

Hal ini dikarenakan ketika visi misi Anda dengan si partner sudah sama otomatis akan lebih mudah untuk mengeksplor kualitas satu sama lainnya, berbeda jika partner Anda ingin belajar bahasa Madura otomatis tujuan kalian sudah berbeda dan tidak dapat dijadikan partner yang tepat.

Photo Credit: Michél Pretzsch Flickr via Compfight cc

Jangan Malu Berbicara

Sebagian besar masyarakat kita ketika mempunyai keinginan lebih untuk belajar bahasa daerah lain mereka malu untuk berbicara. Hal ini dikarenakan takut salah, dianggap aneh, banyak gaya dan sok-sokan.

Namun, perlu diketahui bahwa tujuan hidup Anda bukan untuk mereka yang gemar berceloteh untuk itu jangan pernah merasa malu untuk bicara, jika salah maka dari kesalahan tersebut Anda bisa memperbaikinya.

Anda Harus Praktek (Action)

Cara yang paling mudah didalam menguasai bahasa daerah atau bahasa Banjaradalah dengan praktek, maksudnya jika Andaingin mudah mengingat kosa kata maka Anda terus menerus harus action. Paling tidak Anda seharinya memiliki target untuk beberapa kata yang harus Anda hafalkan.

Contoh Kalimat Bahasa Banjar

  • Ketika Anda ingin menanyakan nama maka ucapkan “siapa ngaran ikam”?.
  • Lalu Anda menjawab “nama saya nana”, maka kalimat dalam bahasa Banjarnya yaitu “ngaran ulun nana”,.
  • Ketika Anda bertanya “sedang apa kamu”, bahasa Banjarnya yaitu “lagi be apah pian”?
  • Jika jawaban Anda “sibuk” maka ucapkan “lagi hauran”.
  • “handak tulak kemana ikam” artinya “mau pergi kemana kamu”.
  • Ketika Anda rindu seseorang maka ucapkan “alun karindangan ikam”.
  • “Nama bapak saya Badal” dalam bahasa Banjar yaitu “ngaran abah alun Badal”.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika Anda ingin belajar bahasa Banjar Kalimantan, coba praktekkan cara tersebut beserta contoh kalimat yang ada. Dengan demikian maka Anda akan lebih menyerap dalam menggunakan bahasa dari setiap daerah. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *