Cara Cepat Belajar Bahasa Bugis! Mengenal 9 Kata Tanya Dalam Bahasa Bugis

Bahasa Bugis Aug 27, 2018 No Comments

Mengenal kata tanya dalam bahasa yang sedang dipelajari adalah sebuah keharusan. Pasalnya kata tanya seperti ini termasuk dalam percakapan sehari-hari dan sudah pasti sangat sering digunakan oleh para penutur asli bahasa tersebut. Seperti bahasa Inggris misalnya, saat mengikuti tempat kursus bahasa Inggris di Jakarta Utara, pasti kamu diajarkan mengenai hal ini.

Hal ini juga berlaku dalam bahasa Bugis. Ada 9 kata tanya yang paling sering digunakan oleh masyarakat Bugis untuk berkomunikasi setiap harinya. Ke-9 kata tanya tersebut adalah aga, iga, pékkoga, maga, manengka, siaga, gara, appa, dan sianna.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Bagi yang sedang belajar bahasa Bugis, yang perlu dipahami adalah bahasa Bugis ini dikenal memiliki cukup banyak dialek. Sehingga kamu harus teliti supaya tidak salah saat mengucapkannya.

Mengenal Kata Tanya Aga (Apa) Dalam Bahasa Bugis

baju bodo khas bugis

Image Source: panrita[dot]news

Kata tanya aga ini seringnya digunakan untuk menanyakan nama benda, keadaan, ataupun perbuatan. Jadi kata tanya aga ini bisa digunakan untuk menanyakan nama apapun selain manusia. Contohnya Âga asenna iyyaé? (Apa namanya itu?).

Mengenal Kata Tanya Iga (Siapa) Dalam Bahasa Bugis

Kata tanya iga ini umumnya digunakan untuk menanyakan nama manusia ataupun suatu perbuatan. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menanyakan nama seseorang dengan menggunakan bahasa Bugis maka jangan menggunakan kata aga tetapi gunakanlah kata iga. Contoh Îga asetta’? (Siapa nama kamu?).

Mengenal Kata Tanya Pékkôga (Bagaimana) Dalam Bahasa Bugis

Kata tanya pékkôga ini fungsinya adalah untuk menanyakan penjelasan tentang suatu hal tertentu. Oleh sebab itu, jawab yang diharapkan adalah proses yang melatar belakangi suatu keadaan. Contohnya Pékkôga carâna dijâma iyyaé? (Bagaimana cara mengerjakan ini?).

Mengenal Kata Tanya Mâga (Bagaimana) Dalam Bahasa Bugis

Meskipun secara arti sama dengan pékkôga, tetapi secara penggunaannya jauh berbeda. Sebab kata tanya mâga ini umumnya digunakan untuk menanyakan peristiwa yang dialami atau informasi yang ditengkap indra pengamat. Contoh Mâga dîta gajaé? (Bagaimana kelihatannya gajah itu?).

Mengenal Kata Tanya Manengka (Mengapa) Dalam Bahasa Bugis

Kata mâga dalam bahasa Bugis memiliki turunan yaitu mâgai naengka. Kata tanya mâgai naengka ini secara fungsi untuk menanyakan sebab terjadinya sesuatu. Namun, didalam penggunaannya, khususunya di daerah Bone Timur, kata mâgai naengka ini sering disingkat dengan manengka. Contoh Manengka lélengmu `moto’? (Mengapa cepat sekali kamu bangun?).

Mengenal Kata Tanya Siâga (Berapa) Dalam Bahasa Bugis

baju adat khas bugis

Image Source: makassarterkini[dot]id

Di dalam bahasa Bugis, kata tanya siâga ini fungsinya adalah untuk menanyakan jumlah. Contohnya Siâgani ana’ta’? (Sudah berapa anak kamu?).

Mengenal Kata Tanya Gara (Apakah) Dalam Bahasa Bugis

Umumnya, kata gara ini digunakan untuk mengklarifikasi atau mengkonfirmasi atas pernyataaan yang dilontarkan si penanya. Contoh Dé muissekka’ gara? (Apakah Kamu tidak mengenalku?).

Mengenal Kata Tanya Appa (Kapan) Dalam Bahasa Bugis

kata appa ini digunakan ketika ingin menanyakan sesuatu yang terjadi di masa depan. Dan kata appa ini tidak pernah berdiri sendiri. Jadi selalu bergabung dengan kata ganti. Contoh Appammu `lîsu? (Kapan kamu pulang?).

Mengenal Kata Tanya Sianna (Sejak Kapan) Dalam Bahasa Bugis

Sebenarnya, kata sianna ini berasal dari kata siaganna. Fungsinya adalah untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa yang sudah selesai di masa lalu dan peristiwa dari masa lalu yang masih berlangsung hingga saat ini.

Itulah beberapa contoh kata tanya dalam bahasa Bugis. Semoga membantu dan selamat belajar bahasa Bugis!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *