Cara Belajar Bahasa Sunda Yang Mudah Untuk Pertama Kalinya

Bahasa Sunda Feb 19, 2018 No Comments

Bahasa Sunda termasuk bahasa yang seringkali didengar. Karena penuturnya sendiri merupakan suku terbesar kedua setelah suku Jawa. Tidak mengherankan jika bahasanya terasa lebih membumi, khususnya di Jawa Barat.

Bahkan, sekarang ini Bahasa Sunda semakin terkenal sama halnya seperti kursus bahasa inggris online. Anda tahu kenapa? Setidaknya ada dua faktor. Yang pertama, menjamurnya warung burjo atau bubur kacang hijau serta warung mie rebus yang mana pemiliknya adalah orang Sunda. Warung tersebut hampir bisa ditemukan di berbagai daerah, terutama di wilayah kampus dan juga wilayah pabrik. Ini seperti warteg di mana hampir semua pemilik warteg adalah orang Tegal. Dan mereka ada di sebagian besar kota di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Yang kedua, ada banyak film yang mengambil setting di Sunda. Dan film tersebut laku keras. Hal ini pula yang membuat Bahasa Sunda terdengar familiar di telinga kita semua.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Ketika Anda datang di Jawa Barat, bahasa sunda ini akan sering didengar. Ini menjadi bahasa komunikasi penting selain bahasa Indonesia. Karena ini merupakan bahasa penting, banyak orang yang mulai tertarik untuk mempelajarinya.

Temukan lebih detail Kata Kata Aneh dari 10 Negara di dunia

Bagaimana caranya untuk mempelajari bahasa tersebut? Caranya tentu sangat mudah. Anda bisa mengawalinya dengan memahami kata-kata sederhana terlebih dahulu. Baik itu kata benda, kata sifat, kata ganti maupun ungkapan paling sering digunakan.

[extoc]

Kesalahan Paling Sering Saat Belajar Bahasa Sunda

Bahasa menjadi identitas dari sebuah daerah. Cara pelafalan serta intonasi yang disertai dengan gesture wajib dipahami. Tujuannya adalah supaya tidak keliru untuk mengartikan sampai menyampaikan maknanya.
Sama halnya dengan bahasa sunda. Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh Anda yang mempelajarinya. Salah satunya adalah cara melafalkan bahasa itu sendiri. Ini menjadi hal yang sangat penting mengingat banyak orang yang baru menjadi bagian dari masyarakat Sunda dan sering melakukan kesalahan. Dan ternyata, kesalahan tersebut dalam hal pelafalan.

Pelafalan yang keliru ini sangat biasa. Secara Anda bukan merupakan penduduk setempat yang menggunakan bahasa tersebut. Dan ini biasanya menimbulkan kebingungan untuk lawan bicara.
Menyadari akan hal ini, cara yang tepat untuk menghindarinya adalah dengan mendengarkan tiap kata dan kalimatnya. Setidaknya dengan mendengarkannya, Anda akan tahu bagaimana cara melafalkan kata/kalimat dengan tepat.

Kosakata Bahasa Sunda Paling Sering Digunakan

Apabila Anda hendak belajar bahasa sunda, Anda hanya perlu memulainya dengan kata-kata sederhana terlebih dahulu. Kata-kata ini setidaknya bisa mengawali pembelajaran. Dan hal ini tidaklah salah bila dilakukan.
Ada beberapa kata yang sering digunakan dalam bahasa sunda ini. Kata-kata ini bisa berupa kata ganti, kata kerja, sampai kata sifat. Untuk menguasainya, simaklah beberapa daftar kosakata bahasa sunda di bawah ini.

Kosakata bahasa sunda

Arti Kosakata Sunda dalam bahasa Indonesia

Aa Mas
Teteh Mbak
Kang Sapaan abang untuk suami atau orang yang dihormati
Abah Bapak, bisa juga untuk kakek
Ema Ibu, bisa juga untuk nenek
Uwa Pakde, bude
Amang Sebutan adik laki-laki dari orang tua
Bibi Sebutan adik perempuan orang tua
Neng Sebutan wanita muda atau anak kecil
Ujang Sebutan laki-laki muda atau anak kecil
Geulis Cantik
Kasep Ganteng
Rerencangan Teman
Sepuh Tua
Ngora Muda
Tuang, emam, dahar, neda Makan
Muhun Iya
Henteu Tidak
Urang Saya
Maneh Kamu
Hayang, hoyong Mau
Embung, alim Tidak mau
Sakedik, saeutik Sedikit
Entong Jangan
Nyalira, sorangan Sendirian
Bangor Nakal
Cai Air
Ageung Besar
Leutik Kecil
Pamegeut, lalaki Lelaki
Istri, awewe Perempuan
Mirah Murah
Amis Manis
Pait pahit

Ungkapan Bahasa Sunda Paling Sering Digunakan

Kosakata di atas bisa dilengkapi dengan membuat sebuah kalimat. Kalimat ini bisa berupa ungkapan sapaan, bertanya dan lain sebagainya. Ungkapan ini biasa didengar. Dengan kata lain, ungkapan ini sering digunakan untuk berkomunikasi.

Ungkapan dalam Bahasa Sunda

Artinya Ungkapan Bahasa Sunda

Sampurasun Halo untuk memulai
Rampes Jawaban dari sampurasun
Wilujeng enjing Selamat pagi
Wilujeng siang Selamat siang
Wilujeng sonten Selamat sore
Wilujeng wengi Selamat malam
Kumaha, damang? Bagaimana kabarmu, apakah baik?
Damang Baik
Teu damang Tidak baik
Nuju teu damang Sedang tidak baik
Hatur nuhun Terimakasih
Punten Permisi
Hampura Maaf
Abdi tipayun nya Saya duluan ya (perpisahan)
Mangga Silahkan
Nuju naon? Lagi apa?
Bade kamana? Mau kemana?
Saha anjen? Siapa kamu?
Atos tuang teu acan? Sudah makan belum?
Mangga calik Silahkan duduk
Anjeun dimana linggih? Kamu tinggal dimana?

Tentu saja bukan hanya dengan menguasai dan hafal kosakata tersebut lantas membuat Anda sudah mahir. Namun, setidaknya Anda bisa dengan percaya diri berbicara dengan orang Sunda.

Berbicara Bahasa Sunda sudah seharusnya Anda kuasai jika ada sanak keluarga yang berasal dari Sunda. Atau bahkan jika pasangan Anda dari Sunda. Dengan menguasai Bahasa Sunda, maka bisa diminimalisir konflik mengingat komunikasi dengan kultur sesuai orang yang diajak bicara itu menjadi intinya.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *