Belajar Mudah Bahasa Gayo Aceh Untuk Komunikasi Harian

Bahasa Aceh Aug 21, 2018 No Comments

Nah, mungkin jika kalian melihat atau mendengar kata Gayo pasti yang terlintas di benak kalian adalah salah satu jenis kopi. Karena itu lah yang pertama penulis ingat, terutama kopi gayo khas salah satu kedai yang dekat dengan salah satu tempat kursus bahasa inggris di Bandung. Nah, Gayo ini adalah nama suku di Aceh. Bahasa Aceh Gayo dituturkan oleh masyarakat di Kabupaten Aceh, Gayo Lues dan Bener Meriah. Keberadaan bahasa ini sama tuanya dengan keberadaan masyarakat asli Aceh.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Penyebaran bahasa ini ke seluruh wilayah Aceh memberikan perubahan kecil. Seperti perbedaan pada dialeknya yang akan berbeda di beberapa daerah. Namun tetap saja, bahasa ini tetap bisa dimengerti.

Cara Mempelajari Bahasa Gayo Aceh

baju adat gayo

Image Source: pedomanbengkulu[dot]com

Bahasa Gayo adalah bahasa daerah di nusantara. Menguasai bahasa ini tidaklah sulit. Terutama bagi kamu yang tinggal di Indonesia.

Cara paling mudah adalah terjun langsung atau tinggal di Aceh. Dengan tinggal di kawasan ini, kamu akan lebih banyak mendengarkan percakapan dengan bahasa tersebut. Lambat laun, pemahaman bahasa akan datang dengan sendirinya meskipun kadang belum mampu mengucapkannya.

Tapi bagi kamu yang tidak tinggal, hanya datang sekedar berlibur, ada cara khusus yang bisa dilakukan. Khususnya bila ingin menguasai Bahasa Gayo ini. Bagaimana cara mempelajarinya?

Buatlah daftar kalimat harian

Kalimat harian ini dimaksudkan adalah kalimat-kalimat yang sering diucapkan. Misalnya apa kabar, halo dan lain sebagainya.

Bagi pelancong, biasanya menanyakan tentang harga barang, alamat atau petunjuk arah. Kamuhanya perlu memulainya dengan menemukan kalimat-kalimat tersebut.

Lengkapi kalimat harian dengan kosakata dasar

Kosakata dasar ini bisa berupa kata ganti orang, nama benda sampai kata-kata sifat dan kata keterangan. Kosakata dasar ini nantinya bisa digunakan untuk mengindentifikasi apa yang dimaksud dari ucapan lawan bicara.

Praktek dengan penutur aslinya

Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan penutur aslinya. Meskipun kenyataannya kamu tidak tinggal di provinsi Aceh. Toh, kamu bisa memaksimalkan kecanggihan teknologi, misalnya jejaring sosial.

Buat pertemanan atau masuk dalam komunitasnya. Kemudian, buatlah percakapan kecil di sana. Ini bisa menjadi praktek kecil untuk mendorong kemampuan bicara kamu dalam Bahasa Gayo Aceh.

Kosakata Bahasa Gayo Aceh

festival saman gayo

Image Source: pikiranmerdeka[dot]co

Faktanya, tata bahasanya kurang lebih dengan bahasa Indonesia. Artinya, urutan kata dalam membentuk kalimatnya sama. Jadi, kamu hanya perlu kosakatanya saja, kemudian membuat kalimat itu sendiri.

Bahasa Gayo AcehArtinya
AkuAku
KoKau
WeDia
WeaDia
KitaKita
KamKalian
KamMereka
Jema ituOrang itu
NgiAdek
AkamuKakakmu
AkaKakak perempuan
AbangAbang
AmaBapak
IneIbu
KakekKakek
NenekNenek
PemiliKeluarga
RawanLaki-laki
BananPerempuan
BetempatBerkeluarga
JemaManusia, orang
SanaApa
SahanSiapa
HanaApa
IsiMana, dimana
IhiDimana
Kusi, kuhiKemana
Kusi male, kuhi maleMau kemana
SeluhenKapan
SidahBerapa
KuneKenapa
MukuneMengapa
TanguneBagaimana
ArisiDarimana
IniIni
OyaItu
I Di
KiniKesini
KusoKesana
AriDari
GeyelNama
OyaneTadi
SeniSekarang
TaseNanti
OyaneBarusan
SeluniHari ini
ManeKemarin
LangBesok
LusaLusa
Belem, gerilenBelum
Ngoh, ngeSudah
PenahPernah
YoPagi
RuhulSiang
KelemMalam
IyuSore
Sahan geral muSiapa namamu?
Geraku...Namaku...
Isi ko tarengTinggal dimana?
Tengan nguneLagi ngapain
Isi koDimana kamu
ArisikoDarimana kamu
SikoDimana kamu
Urum sahamSama siapa
Seber diSabar saja
Kune keberBagaimana kabarnya
Nge manganSudah makan
Male kusiMau kemana
Gere, enggehTidak
MeraMau
BerijinTerima kasih
DediangJalan-jalan
Galak di ate ku ken koSuka sekali hatiku melihatmu

Perbanyaklah kosakata-kosakata harian, maka kamu akan cepat menguasai Bahasa Gayo Aceh ini. Contohnya adalah dengan membuat catatan sederhana, kemudian mulai mempraktekkannya.

Apa Yang Menarik dari Gayo?

acara adat suku gayo

Image Source: tempo[dot]co

Tak kenal maka tak sayang. Namun, jika sudah sayang, maka apapun akan dilakukan. Maka dari itu, jika kamu ingin mengusai Bahasa Gayo, kenali dan sayangi daerah Gayo. Dan sepertinya tidak sulit untuk jatuh cinta dengan daerah yang satu ini.

Jika kamu suka traveling, Gayo menjadi destinasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Ada taman Nasional Gunung Leuser. Ada Blangkejeren. Ada Cike dan juga

Dan ada satu tempat yang sedang nge hits di Gayo, yaitu Bur Telege atau Bur Gayo. Ini terletak di desa Hakim Bale Bujang.

Namun, di mana tempat wisata yang ingin Anda kunjungi, jangan lupa untuk mencoba kopi Gayo langsung dari tempat aslinya. Kopi Gayo sudah terkenal hingga keluar Gayo. Dan ketika kamu berwisata di sana, tidak salah jika kamu meluangkan waktu untuk menghabiskan malam yang dingin sambil ditemani kopi Gayo.

Sambil menikmati kopi Gayo, kamu bisa berinterakasi dengan masyarakat sekitar yang mungkin berada di satu tempat dengan kamu. Tapi, jangan gunakan Bahasa Indonesia. Sebisa mungkin gunakan Bahasa Gayo meskipun kamu masih belepotan. Ini momen yang tepat bagi kamu untuk semakin mengasah kemampuan dalam belajar bahasa Gayo.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *