Belajar Bahasa Sansekerta Untuk Para Pemula

Belajar Bahasa Feb 27, 2018 No Comments

Bahasa Sansekerta merupakan bahasa Indo-Eropa tertua. Bahasa Sansakerta ini termasuk salah satu bahasa resmi di India. Dan termasuk dalam bahasa klasik yang digunakan untuk upacara keagamaan.

Karena bahasa ini termasuk tua, maka sulit bagi siapa saja yang ingin mempelajari Bahasa Sansekerta ini. Setidaknya lebih sulit jika dibandingkan dengan Bahasa Inggris. Para ahli Bahasa yang disebut dengan linguist mengatakan semakin tua sebuah bahasa, maka struktur bahasanya semakin kompleks sehingga semakin sulit dipelajari. Begitu juga sebaliknya. Semakin muda sebuah bahasa, maka strukturnya semakin sederhana sehingga lebih mudah untuk dipelajari.

Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak mungkin bisa mempelajari bahasa sansekerta. Bahkan, banyak juga orang yang berniat untuk belajar bahasa yang satu ini. Salah satunya adalah alasan mereka ingin memahami filosofi orang terdahulu. Banyak buku kuno yang ditulis dengan menggunakan Bahasa Sansekerta. Buku tersebut menjelaskan tentang moral dan budi luhur manusia. Maka dari itu, tidak sedikit para sejarawan yang harus mempelajari Bahasa Sansekerta ini untuk memahami betul sejarah manusia masa lalu.

Selain itu, ada juga yang punya alasan lain. Mereka ingin menggunakan kosakata tertentu dari Bahasa Sansekerta entah itu untuk motiavasi atau bahkan untuk nama seorang anak. Mungkin Anda tertarik untuk menamai sang buah hati dengan nama dari Bahasa Sansekerta?

[extoc]

Sekilas Tentang Bahasa Sansekerta

Bahasa Sansekerta termasuk bahasa tertua di dunia. Bahasa ini digunakan sejak tahun 1500 SM. Bahkan informasi lain menyebutkan jika bahasa tersebut sudah digunakan jauh lebih lama dibanding itu.
Bahasa ini dikatakan lebih sempurna dibandingkan Bahasa Yunani. Orang yang bisa menggunakan bahasa ini ditasbihkan sebagai orang dengan kasta tinggi. Atau bahasa lainnya terpelajar.

Ada beberapa karakteristik yang membuat Bahasa Sanskerta ini rumit. Tata bahasanya lebih banyak. Jumlahnya sekitar 8 buah dimana Bahasa Latin hanya memiliki 5 buah saja. Diantaranya adalah Nominatif, Vocatif, Akusatif, Instrumentalis, Datif, Ablatif, Genetif dan Lokatif.

Cara Mempelajari Bahasa Sansekerta

Meskipun dikatakan lebih rumit dibandingkan dengan bahasa asing lainnya, Anda masih bisa mempelajarinya. Tentu saja, Anda akan mampu dalam melafalkan, bahkan bisa menyampaikan maksud perkataan dengan tepat.

Tekunlah dalam mempelajari kosakata umum.

Kosakata ini akan memandu Anda dalam menguasai bahasa tersebut. Dan ini menjadi bagian yang wajib untuk dilakukan oleh setiap pelajar.

Carilah percakapan umum yang menggunakan Bahasa Sansekerta.

Percakapan akan lebih mudah dipahami jika dalam bentuk bacaan. Kalau memungkinkan, temukan pula audio mengenai percakapan tersebut.

Rajinlah mendengarkan audio atau membaca bacaan berbahasa Sanskerta tersebut.

Mendengarkan ataupun membaca akan menguatkan insting kebahasaan. Yakni dimulai dengan mempertajam pendengaran akan ucapan, kemudian dilanjutkan dengan menguatkan kemampuan melafalkan kalimat ataupun kata.

Biasakan untuk mengulang pelajaran.

Ini yang kadang dilewatkan oleh seseorang yang belajar bahasa. Padahal, pengulangan begitu penting untuk memperkuat daya ingat dan kefasihan.
Jika tidak dilakukan pengulangan, hampir pasti kosakata ataupun kalimat yang dipelajari akan hilang. Anda akan mulai kehilangan motivasi untuk belajar. Akhirnya, Anda menyerah untuk memahami bahasa tersebut.

Supaya hal ini tidak terjadi, pastikan untuk terus mempelajarinya. Meskipun kenyataannya, Anda mengulangi setiap kalimat di tiap kali belajar. Namun yakinlah jika cara ini sangatlah bermanfaat, khususnya untuk membiasakan diri dalam menggunakan bahasa tersebut.

Kosakata Bahasa Sansekerta

Sebagai pegangan awal, Anda bisa memulai belajar Bahasa Sansekerta dengan kosakata dasar terlebih dahulu. Kosakata Sansekerta dasar yang sering digunakan:

Kosakata Bahasa Sansekerta

Artinya Bahasa Sansekerta

Sunya 0
Eka 1
Dwi 2
Tri 3
Catur 4
Panca 5
Sas 6
Sapta 7
Asta 8
Nawa 9
Dasa 10
Ekadasa 11
Dwidasa 12
Wingsati 20
Ekawingsati 21
Trinisati 30
Caturwingsati 40
Pancasati 50
Sasti 60
Saptati 70
Astiti 80
Nawati 90
Sata 100
Dwisata 200
Ucca Tinggi
Uccarana Pengucapan
Udana Bernafas dengan lemah lembut
Uddhiharta Terpilih
Upakara Pertolongan
Udadi Laut
Urmi Ombak samudera
Udahana Lautan
Udaka Perairan
Uda Air
Wayu Angin
Yasa Kehormatan
Yasti Tongkat
Yuganta Akhir jaman
Sabakti Dengan hormat
Sabagya Bahagia
Sadara Terhormat
Sadi Indah
Sadu Berbudi luhur
Saharsa Bergembira
Sahwahita Bermanfaat bagi semua
Samagata Datang bersama
Samboga Kenikmatan yang lengkap
Satya Tulus hati
Satyawadi Berbicara secara jujur
Sasmita Senyum yang penuh arti
Sastra Ilmu pengetahuan
Sila Tingkah laku
Veda Bijaksana
Syandana Mengalir terus
Palapa Menarik hati
Parabawa Mencintai orang
Paramesti Berdiri paling depan
Pararta Berita
Pariwara Iklan
Prabakti Kasih sayang

Demikianlah beberapa kosakata yang bisa dijadikan acuan pertama kali. Jika sudah mulai memiliki banyak kosakata, lanjutkan dengan mengenal tata bahasanya. Hasilnya, Anda akan mampu menggunakan Bahasa Sansekerta ini. Dan lebih dari itu, Anda bisa memahami budaya orang terdahulu yang merupakan penutur asli bahasa yang satu ini.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *