Belajar Bahasa Jawa Yang Lucu- Lucu, Yuk Share Kumpulan Status Kocaknya

Bahasa Jawa Jan 27, 2017 1 Comment

Bahasa Jawa dan bagi sebagian orang belajar bahasa inggris mungkin tidak lebih sulit dibandingkan jika kita belajar bahasa jawa. Namun untuk mempelajari bahasa Jawa itu bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan mempraktekkan penggunaan bahasa Jawa saat update status di Facebook, Twitter, instagram, maupun berkomentar di WA.

belajar bahasa jawa

Berikut ini daftar kumpulan status bahasa Jawa yang bisa membuat orang tertawa, terkesan, maupun bisa membuat orang merasa galau.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

[extoc]

Tips Belajar Bahasa Jawa

  1. Opo seng enek saiki durung tentu enek neng masa sing ameh teko. DIJOGO! = Apa yang ada sekarang belum tentu ada di masa yang akan datang. Jagalah!
  2. Ayo podo tobat. ojo kakean maksiat. ayo sholat lan zakat. ben iso selamat dunia akherat. = mari tobat. jangan kebanyakan maksiat. ayo sholat dan zakat. agar bisa selamat dunia akhirat.
  3. Hubungan wong lanang karo wong wedok kuwe dijenengi workshop. Sing lanang tugas nyambut gawe (work), sing wedok belanja (shop). = Hubungan orang laki-laki dengan perempuan itu diberi nama workshop. Yang laki-laki bertugas kerja (work), yang perempuan belanja (shop).
  4. Arep diomongna apa maning. Dewek ora bakal dadi siji. Koe neng kana nyong neng kene, senajan atiku milih koe. = Mau diomongkan apa lagi. Kita tidak bisa bersatu. Kamu di sana, aku di sini, meski hatiku memilih kamu.
  5. Nek apa apane gampang, menungsa ora tau sinau. = Kalau semuanya mudah, manusia tidak pernah belajar.
  6. Gantenge secukupe bae lah, kelewihen mbok malih dadi srigala. = Gantengnya cukupan sajalah, kalau kelebihan takutnya jadi serigala.
  7. Kadang niat apik ora mesti ditanggepi wong lia apik. Sante lan kalem bae = Kadang niat bagus tidak selalu disambut orang lain bagus. Santai dan kalem saja.
  8. Neng dunya kiye akeh wong ayu, tapi koe sing paling ayu neng atiku.. #eaaa (soale koe tok sing gelem karo nyong) = Di dunia ini banyak orang cantik, tapi kamu yang paling cantik di hatiku.. #eaaa (sebab hanya kamu yang mau sama aku)
  9. Dina jemuah semoga nggawa berkah, ilang susah ati bungah. = Hari Jumat semoga membawa berkah, susah hilang hati senang.
  10. Sing penting koe bahagia.. Tapi karo nyong, udu karo wong lia. = Yang penting kamu bahagia… Tapi bersama aku, bukan dengan orang lain.
  11. Setia kuwe kaya fans sing tetep seneng karo klub bal e senajan kalah, ora senenge pas menang tok ora gelem susah. = Setia itu seperti fans yang tetap senang dengan klub sepakbolanya meski kalah, tidak senangnya hanya saat menang saja, tidak mau susah.
  12. Ketemu kuwe nggo ngobrol, nek ketemu tapi dolanan hape dewek2 mending turu bae. = Ketemu kamu untuk ngobrol, kalau ketemu tapi mainan HP sendiri-sendiri mending tidur saja.
  13. Kabeh tugas kuwe gampang, nek ora usah digarap.= Semua tugas itu gampang, jika tidak perlu dikerjakan.
  14. Esuk esuk kuwe mikire sing apik apik bae, ben tentrem atine. Nek mikire elek terus, kapan bahagiane?! = Pagi pagi itu mikirnya yang bagus-bagus saja, biar tentram hatinya. Kalau mikirnya jelek terus, kapan bahagianya?
  15. Yen dipikir-pikir urip iku pancen angel. Mangkane ra usah dipikir… dilakoni ae. Ngono ae kok repot! = Kalau dipikir-pikir, hidup itu memang susah. makanya tidak perlu dipikir… dijalani aja. Gitu aja kok repot!
  16. Dadi wong iku ora usah macem-macem, opo onone wae… = Jadi orang itu tidak perlu macam-macam, apa adanya saja…
  17. Duh… mirip nek moco berita kecelakaan pesawat. Paling aman pancen numpak dokar. Alon-alon asal kesuwen… = Duh… mirip kalau baca berita kecelakaan pesawat. Paling aman memang naik dokar. Pelan-pelan asal lama…
  18. Wis ta lah… karo konco iku sing rukun. Ora usah podo tukaran. Nek ono masalah, sing waras ngalah. = Sudahlah… sama teman itu yang rukun. Tidak perlu saling bertengkar. Kalau ada masalah, yang waras mengalah.
  19. Aku tresno karo koe. = Aku cinta padamu.
  20. Ati suci marganing rahayu. = Kesucian hati adalah jalan keselamatan.
  21. Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe. = Pemenang itu adalah orang yang bisa mengalahkan dirinya sendiri.
  22. Ngaku konco kok gur pengen nunut mulyo, pas konco ciloko malah lungo. = Ngaku teman tapi kok hanya ingin ikut saat enak, kalau teman sedang sudah malah pergi.
  23. Kabeh uwong kuwi nduwe kekurangan, nek kowe tresno yo nyobo’o trresno karo kekurangane barang, ora mung karo keluwehane tok. = Semua orang itu memiliki kekurangan, kalau kamu cinta ya coba cinta juga sama kekurangannya, tidak pada kelebihannya saja.

Itulah beberapa contoh kata-kata dan ungkapan bahasa Jawa yang bagus dan menarik disimak. Coba praktekkan dalam ucapan maupun pembicaraan agar kemampuan bahasa Jawamu meningkat.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

One Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *