Belajar Bahasa Asing Dengan Mudah, Ini 8 Cara Fantastisnya

Bahasa Inggris Jan 27, 2017 No Comments

Sering kali seseorang yang sedang belajar bahasa asing atau mungkin sedang belajar bahasa inggris merasa kesulitan untuk dapat menguasai bahasa yang sedang dipelajarinya. Entah dia sedang mempelajari bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Mandarin, bahasa Arab, maupun bahasa lainnya. Cara penting berikut ini bisa Anda coba untuk bisa mudah mempelajari bahasa asing apapun.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

Tips Belajar Bahasa dengan Mudah

  1. Motivasi yang kuat

    Ketahui kenapa Anda ingin belajar bahasa asing itu. Ya, Anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat saat mempelajari bahasa baru. Kurangnya motivasi bisa berdampak terhadap lambatnya penguasaan bahasa yang sedang dipelajari.Untuk memiliki motivasi yang kuat itu Anda perlu tahu kenapa harus mempelajari bahasa tersebut. Misalnya untuk membuka akses pekerjaan yang lebih baik, untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga, dan alasan lainnya.

 


  1. Cari teman untuk komunikasi bareng 
    Kunci dari bahasa adalah komunikasi. Kalau Anda bisa menyampaikan apa yang Anda maksud dan pihak lain mampu menangkap apa maksud Anda itu, maka terjadilah komunikasi yang baik.Nah, untuk memperlancar proses belajar bahasa asing ini Anda sebaiknya mencari partner yang bias diajak komunikasi bersama. Dengan begitu Anda pun menjadi gampang untuk melatih bicara menggunakan bahasa asing itu.

 

  1. Ngomong pada diri sendiri
    Saat misalnya tak ada orang lain yang bisa diajak untuk bicara dalam bahasa asing itu, trik yang bisa Anda lakukan adalah komunikasi dengan diri sendiri. Tentu dengan menggunakan bahasa asing yang sedang Anda pelajari. Ini akan bisa meningkatkan penguasaan kosakata baru sekaligus meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam berbicara

 

  1. Lakukan dengan gembira
    Pembelajaran bahasa asing yang efektif itu kalau dilakukan dengan suasana yang senang. Anda bisa misalnya menyanyikan lagu dalam bahasa asing dan mempraktekkan humor bahasa asing.

 

  1. Tak perlu takut salah
    Saat kita belajar, pastilah ada kesalahan yang terjadi. Sebab itu tak perlu takut bicara karena khawatir salah. Kita bisa belajar dari kesalahan itu.Nikmati proses belajar bahasa asing ini seperti halnya anak-anak yang sedang bermain. Mereka tak akan pernah lelah untuk bermain dan mau belajar dari kesalahan yang dibuat.

 

  1. Tak perlu merasa malu
    Salah satu alasan kenapa terkadang ada pembelajar bahasa asing yang enggan mempraktekkan bahasa asing adalah karena takut malu kalau salah mempraktekkannya. Padahal ini adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing kita. Tak peduli sebanyak apapun yang Anda pelajari, kalau Anda tidak berbicara dan mempraktekkan bahasa tersebut, maka akan sulit untuk mengalami perkembangan.Anda bisa bicara atau berkomunikasi dengan orang asing untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda ini. Misalnya Anda bisa menanyakan sebuah informasi, melemparkan humor atau guyonan,, dan lainnya. Semakin banyak situasi percakapan atau komunikasi yang Anda lakukan itu akan bagus untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda.Sekalipun saat belajar itu melakukan kesalahan, tak perlu malu. Anggap itu sebagai bagian dari proses pembelajaran yang sedang Anda lakukan.

 

  1. Dengarkan bahasa asing sebanyak mungkin
    Agar kita bisa bicara bahasa asing dengan lancar, kita harus memperbanyak mendengarkan bahasa asing itu. Bisa dengan menggunakan Youtube, menonton tayangan di televisi, tv kavel, maupun video di internet. Semakin sering kita mendengarkan bahasa asing itu, kita pun menjadi makin familiar.

 

  1. Berlatih Setiap Hari

    Ya, kunci untuk penguasaan bahasa asing adalah dengan praktek setiap hari. Semakin sering kita mempraktekkannya dalam kehidupn nyata, maka serapan pembelajaran itu pun akan menempel kuat di otak kita.

Jadi kuncinya jika ingin bisa bahasa asing dengan mudah adalah praktek, praktek, dan praktek!

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *