Bahasa Mandarin Sehari-hari untuk Percakapan

Bahasa Mandarin Feb 21, 2018 2 Comments

Pamor Bahasa Mandarin sendiri terbilang lebih tinggi dibandingkan Bahasa Inggris. Bahasa ini digunakan oleh hampir sekitar 960 juta jiwa yang tersebar di belahan dunia. Ini setidaknya menguatkan sebagai bahasa dengan jumlah penuturnya terbesar di dunia. Namun tidak ada salahnya untuk Anda ikut serta dalam Kursus Bahasa Inggris Online

Lalu ada pertanyaan lainnya lagi. Mengapa penuturnya banyak? Memang banyak jumlah orang Mandarin. Selain itu, tidak sedikit orang Tiongkok yang belajar ke luar negeri. Hal inilah yang membuat orang lain di suatu negara sedikit banyak menguasai Bahasa Mandarin.

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Lihat saja. Banyak tenaga profesional yang didatangkan dari negara lain, terutama dari Cina. Tentunya mereka bisa menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional. Namun, sering juga mereka tetap berkomunikasi dengan Bahasa Mandarin.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Seperti yang kita ketahui jika masyarakat Tionghoa sendiri tersebar di belahan penjuru dunia. Termasuk di nusantara. Keberadaanya menjadi simbol betapa kuatnya masyarakat tiongkok itu sendiri.
Ini dibuktikan dengan perkembangan ekonomi di sana. Perkembangan ekonomi yang maju pesat ini sebenarnya menjadi peluang untuk menjalin relasi yang bagus. Dan untuk menjalin kerjasama, mau tidak mau Anda perlu membekali diri dengan bahasa yang sesuai.

Bahasa Mandarin untuk Percakapan

Sadar atau tidak, sekarang trendnya berkiblat ke Tiongkok, terutama dalam hal teknologi dan juga bisnis. Bahkan, Tiongkok sudah mulai berinvestasi ke berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Di kemudian hari, bukan tidak mungkin banyak tenaga ahli dari Indonesia yang bekerja di Tiongkok mengingat kerjasama antara negara Indonesia dengan Tiongkok semakin erat. Dan hal tersebut membuat semakin banyak peluang masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan pekerjaan di negara tersebut.

[extoc]

Lebih dari itu, tidak sedikit juga orang Indonesia yang berlibur di Tiongkok. Sayangnya, tidak semua orang seperti resepsionis hotel atau pelayan restoran di sana bisa berbahasa Indonesia. Untuk itu, Bahasa Mandiri sepertinya wajib Anda kuasai sebelum memutuskan untuk berwisata di Tiongkok. Jadi, Anda ingin mulai belajar Bahasa yang satu ini?

Cara Mudah Mempelajari Bahasa Mandarin untuk Pemula

Tidak seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin tidak terlalu membebankan Anda untuk mengetahui waktu atau strukturnya. Yang perlu Anda tahu adalah bagaimana cara pelafalan dan intonasinya.

Pelafalan dan intonasi ini yang harusnya menjadi perhatian. Jika Anda keliru melafalkan, makna yang dikandungnya bisa berubah total. Akibatnya, lawan bicara salah memahami apa yang diucapkan.
Ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh pemula yang ingin belajar Bahasa Mandarin. Ini terangkum dalam konsep pinyin.

Pinyin sendiri bisa disebut sebagai penggabungan bunyi Bahasa Mandarin. Maksudnya adalah sistem romanisasi untuk bahasa. Ini fungsinya untuk memahami bahasa dalam bentuk huruf alpabhet.

Cara Melafalkan Pinyin

Di dalam Bahasa Mandarin juga terdapat huruf konsonan dan vocal. Dan di dalam bahasa ini, paling sedikit memiliki satu suku kata. Kemudian suku kata ini biasanya terdiri dari huruf konsonan yang disebut dengan yun mu dan huruf vocal yang disebut dengan sheng mu.

Huruf vocal diantaranya adalah a, I, u, e dan o. Untuk pelafalannya kurang lebih sama dengan bahasa Indonesia. Misalnya o ini sama dengan o yang ada dalam kata posisi.
Sementara untuk pelafalan huruf konsonan yang agak berbeda.

Cara melafalkan Huruf Mandarin

Huruf Konsonan Mandarin

Contoh Huruf Mandarin

Pelafalan Kata dan Bahasa Mandarin

Arti Bahasa Mandarin

B Bu Pu Tidak
P Pa Pha Takut
M Mei Mei Cantik
F Fan Fan Nasi
D Dong Tong Mengerti
T Ting Thing Mendengar
N Ni Ni Kamu
L Lai Lai Mari
G Gou Kou Cukup
K Kan Khan Melihat
H Hao Hao baik
J Jia Cia Rumah
Q Qu Chi Pergi
X Xi Shi Mencuci
Zh Zhe Ce Ini
Ch Chu Chu Keluar
Sh Shu Shu Pohon
R Re Re Panas
Z Zao Cao Pagi
C Cong Cong Dari
S San San Tiga
Y Yisheng Isheng Dokter
W Wu an U an Siang

Kosakata Bahasa Mandarin Paling Sering Digunakan

Selain mempelajari bagaimana bunyi pinyin, Anda bisa memperkuat usaha belajar dengan memperkaya kosakata/kalimatnya. Sementara untuk penulisannya, Anda bisa belajar lebih giat lagi.

Kosakata/kalimat Bahasa Mandarin

Arti Bahasa Mandarin

Nihao Halo
Ni hao ma? Apa kabarmu?
Ni jiao shen me ming zi? Siapa namamu?
Xing hui Senang bertemu denganmu
Hao jiu bu jian Lama tak berjumpa
Xie xie Terimakasih
Bu yong xie Terimakasih kembali
Zai jian Sampai jumpa
Jiuming a! Tolong!
Ting Berhenti
Zaoshang Pagi
Xia wu Siang
Wan shang Sore/malam
Wo hen hao Saya baik-baik saja
Wo jiao… Nama saya…
Yi Satu
Er Dua
San Tiga
Si Empat
Wu Lima
Liu Enam
Qi Tujuh
Ba Delapan
Jiu Sembilan

Setelah Anda berhasil mengingat dan melafalkan, cara terbaik untuk bisa mahir adalah dengan praktek. Praktek ini bisa dilakukan dengan mencari partner, misalnya native yang juga bisa berbahasa asing lainnya. Tujuannya adalah supaya Anda bisa bertanya sekaligus belajar.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

2 Comments

  1. Thanks in support of sharing such a nice idea, post is fastidious, thats why i have read it entirely

    • Fani Ingglis

      Hi thank you for e-meet with us, jazakallahu khayran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *