Bahasa Dasar dan Tips Travelling ke Jepang yang Harus Kamu Ketahui

Bahasa Jepang Nov 21, 2017 No Comments

Menguasai sapaan dan ungkapan sehari-hari dalam bahasa Jepang bisa membuat traveling Anda semakin menyenangkan. Selain itu, Anda akan semakin dihargai oleh penduduk lokal. Dan yang pasti penduduk lokal akan semakin respect dengan Anda lantaran saat berkomunikasi dengan mereka Anda memilih menggunakan bahasa keseharian mereka. Namun, selain mempersiapkan bahasa Jepang, kamu juga perlu mempersiapkan bahasa Inggris untuk keperluan travel yang lebih luas dengan les bahasa Inggris di Bekasi.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Bisa dikatakan jika Jepang beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu destinasi wisata impian sebagian besar orang Indonesia. Kecanggihan teknologi dan juga gaya hidup masyarakat Jepang yang modern namun masih sangat menjunjung tinggi budaya, adat, dan tradisi menjadi magnet tersendiri untuk berkunjung ke sana.

Apalagi wisata Jepang juga menawarkan beragam destinasi mulai dari pantai, kuil, area ski, perkebunan buah, museum, bunga sakura, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang bermimpi berlibur ke Jepang.

Sapaan Dan Ungkapan Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Bagi para traveler, minimal bisa menguasai beberapa bahasa sapaan daerah yang akan dikunjunginya sangat penting untuk dilakukan. Dan jika Anda diberi kesempatan untuk berlibur ke Jepang maka berikut ini adalah beberapa bahasa sapaan sehari-hari yang minimal harus Anda ketahui.

1. Ohayou Gozaimasu

https://pixabay.com/

Ohayou Gozaimasu ini artinya adalah selamat pagi. Ketika ada orang Jepang yang mengucapkan ini maka jawab saja dengan Ohayou Gozaimasu atau Anda juga bisa menjawabnya dengan Ohayou.

Ohayu ini sebenarnya singkatan dari Ohayou Gozaimasu. Namun akan lebih sopan jika Anda menjawabnya dengan lengkap. Dan sapaan ini tidak digunakan untuk salam perpisahan di pagi hari. Ohayou Gozaimasu ini umumnya diucapkan dari pukul 06.00 sampai dengan 11.00.

2. Konnichiwa

Arti dari Konnichiwa adalah selamat siang. Ketika ada orang Jepang mengucapkan ini maka jawab saja dengan Konnichiwa juga. Di Jepang tidak ada sapaan selamat sore, oleh sebab itu Konnichiwa ini tetap digunakan meskipun hari sudah sore. Sapaan Konnichiwa ini tidak digunakan untuk salam berpisahan di siang hari.

3. Konbanwa

http://i2.cdn.turner.com/

Konbanwa ini memiliki arti selamat malam. Jika ada seseorang yang menyapa Anda dengan sapaan Konbanwa, maka jawab dengan Konbanwa juga. Sapaan ini diucapkan ketika hari sudah mulai gelap.

Yang perlu Anda ingat juga bahwa selamat malam berbeda dengan selamat tidur. Dan sapaan Konbanwa ini digunakan saat bertemu seseorang di malam hari, tetapi tidak digunakan untuk salam perpisahan di malam hari.

4. Oyasuminasai

Arti dari Oyasuminasai adalah selamat tidur. Ketika ada seseorang yang mengucapkan Oyasuminasai kepada Anda maka balas dengan Oyasuminasai juga. Sapaan ini digunakan saat hendap pergi tidur. Bentuk singkat dari Oyasuminasai adalah Oyusumi.

5. Sayonara

Sayonara memiliki arti selamat tinggal. Jika ada seseorang yang mengucapkan Sayonara kepada Anda maka balas dengan ucapan Sayonara juga. Sapaan ini digunakan saat akan tidak bertemu lagi dalam jangka waktu sangat lama atau bahkan tidak akan bertemu kembali.

6. Dewa Mata Ashita

http://i2.cdn.turner.com/

Sapaan Dewa Mata Ashita ini memiliki arti sampai jumpa besok. Ketika ada seseorang yang mengucapkan Dewa Mata Ashita kepada Anda maka balas dengan ucapan Dewa Mata Ashita juga.

Dewa Mata Ashita ini digunakan ketika hendak berpisah tetapi besok bisa bertemu kembali. Dan Dewa Mata Ashita ini tergolong dari jenis sapaan yang lebih sopan. Bentuk lain dari Dewa Mata Ashita adalah Ja Mata Ashita yang memiliki arti sampai jumpa besok.

Bentuk singkat dari sapaan Ja Mata Ashita adalah Ja Mata yang memiliki arti sampai jumpa. Dan jika Anda ingin bertemu lagi minggu depan, ganti saja Ashita dengan Raishuu atau sesuaikan saja dengan keterangan waktu yang Anda inginkan.

7. Okaerinasai

Arti dari Okaerinasai adalah selamat datang. Okaerinasai ini merupakan jawaban dari Tadaima yang artinya saya pulang. Okaerinasai ini merupakan ucapan selamat datang yang khusus digunakan untuk menyembut keluarga saat kembali pulang.

Jadi sangat berbeda dengan ucapan selamat datang yang digunakan misalnya saja di restoran saat menyambut pengunjung, sapaan selamat datangnya adalah Irrisshaimase yang secara arti juga sama, selamat datang.

8. Itadakimasu

Arti dari Itadakimasu adalah selamat makan. Sapaan Itadakimasu ini digunakan saat hendak makan. Selain Itadakimasu, sapaan yang berhubungan saat makan adalah Gochisousama yang memiliki arti terimakasih untuk makanannya. Gochisousama ini diucapkan setelah selesai makan.

9. Arigato Gozaimasu

Arigato Gozaimasu artinya adalah terimakasih. Ketika ada seseorang yang mengucapkan Arigato Gozaimasu maka Anda bisa menjawabnya dengan Douitashimashite yang berarti sama-sama.

Seperti itulah beberapa sapaan atau ungkapan sehari-hari yang minimal harus Anda pelajari saat ingin traveling ke Jepang. Meskipun Anda bisa menggunakan bahasa Ingris saat berkomunikasi di Jepang nanti, namun alangkah lebih baiknya jika sedikit-sedikit tahu bahasa Jepang sehari-hari seperti di atas.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *