Bahasa Batak Kekayaan Nusantara Yang Harusnya Dibanggakan

Bahasa Batak Jul 31, 2019 No Comments

Bahasa batak adalah salah satu bahasa daerah di nusantara yang sangat kuat dibandingkan dengan bahasa daerah lainnya. Saking kuatnya, Anda pastinya mengenal bahasa ini. Tentunya tanpa mengesampingkan bahasa jawa dan lain sebagainya. Bahasa merupakan sebuah identitas. Keberadaan banyak bahasa di nusantara tentunya memberikan kekhasan, dan tentunya menunjukkan kayanya nusantara. Kenapa begitu? Karena bahasa adalah bagian dari seni komunikasi yang bisa mempersatukan orang-orang.

Di luas sana, banyak orang yang iri melihat masyarakat Indonesia. Alasannya sangat sederhana. Masyarakat Indonesia bisa menguasai minimal dua bahasa. Dan itu asli dari nusantara.
Kemampuan ini tidaklah dimiliki oleh negara lainnya. Makanya, Anda seharusnya berbangga hati dengan bahasa daerah. Jangan malu ketika menggunakannya.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Bahasa Batak Dan Penggunanya

Bahasa batak adalah seni berkomunikasi dengan nada-nada yang unik. Penekanan pada sebagian kata menjadikan nada komunikasi agak keras. Dan orang kadang memandang cara berbahasa orang ini akan menunjukkan karakter dari penggunanya.

Penggunanya yang terlihat agak marah menunjukkan konotasi penggunaan bahasa ini kasar. Padahal, pandangan itu tidak sebenarnya benar. Karena kenyataannya orang-orang batak memiliki kelembutan hati.
Hanya saja, cara pelafalan kata inilah yang memang tegas. Dan bagi daerah lain yang memiliki tutur sapa yang lembut akan memandang jika penggunaan bahasa batak agaknya lebih kasar.

Perlu diingat bahwa bahasa ini memang dari tempat asalnya sudah seperti itu. Masyarakatnya juga menggunakan dengan cara tersebut. Ada kesan penggunaannya yang tegas. Jadi, ini tidak ada kaitannya dengan karakter kasar dari si pengguna bahasa.

Alasan Orang Tidak Menggunakan Bahasa Daerah Untuk Berkomunikasi

batak

Di era modern, seseorang yang mampu berkomunikasi bahasa asing dianggap lebih hebat. Ada kebanggaan tersendiri. Padahal, bahasa daerahnya juga bagus dan paling sering digunakan.
Penggunaannya tidak berlaku di daerahnya saja, tapi bisa digunakan di daerah orang lain. Misalnya kalau merantau. Lalu, apa alasan seseorang jarang menggunakan bahasa daerahnya?

Alasan tidak menggunakan Bahasa Daerah

1. Karena malu

Orang terlanjur memandang sisi negatif dari penggunaan bahasa daerah di perkotaan. Untuk bahasa batak, orang memandang penggunaan serta pengguna bahasa dianggap lebih kasar. Makanya, supaya bisa diterima orang lain, bahasa daerah tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi meskipun berhadapan dengan orang batak sendiri.
Orang lebih memilih bahasa Indonesia. Memang benar bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu. Tapi tidak ada salahnya jika menggunakan bahasa daerah untuk menunjukkan bahwa bahasa ini tetap lestari.

Alasan utama seseorang tidak menggunakan bahasa daerahnya tak lain disebabkan oleh rasa malu. Seseorang dipandang udik ataupun kampungan. Padahal, bahasa ini adalah bahasa khas yang meninggikan nama Indonesia di kancah International.

2. Menganggap bahasa lain lebih baik

Satu hal yang agaknya harus dihilangkan adalah memandang bahasa lain sebagai bahasa yang terbaik. Karena bahasa itu sama saja fungsinya. Yakni sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Membawa bahasa daerah ke tempat lain agaknya bisa memperkenalkan keberadaan Anda. Dan ini sebenarnya diapresiasi oleh orang lain. Minimal, orang yang tak berbahasa daerah tersebut akan tertarik untuk mengenalnya.
Dengan mengenal bahasa ini, kebudayaan dan sesuatu yang ada di daerah secara tidak langsung akan terkenal. Alhasil, bahasa ini akan tetap lestari meskipun bahasa asing masuk ke nusantara.

3. Menganggap bahasa daerah hanya untuk masyarakat tertentu saja

Memang benar jika bahasa daerah itu digunakan oleh masyarakat tertentu. Bahasa batak ya digunakan oleh mayoritas suku batak. Begitupun di Jawa, bahasa jawa hanya digunakan oleh orang-orang jawa.
Meskipun begitu, Anda harusnya tahu bahwa mengenal lebih banyak bahasa itu jauh lebih baik. Malahan, orang yang mampu menguasai banyak bahasa adalah orang yang terampil, lebih kaya dibandingkan yang tidak mampu melakukannya.

Kenapa? Bahasa adalah yang membedakan seseorang dengan orang hutan sebagaimana dijelaskan dalam sebuah penelitian. Semakin orang tahu banyak bahasa, maka semakin jauh dari kesamaan dengannya.
Dan keberadaan orang yang tahu banyak bahasa ini dianggap lebih tinggi kepandaiannya. Orang dengan kemampuan 2 bahasa jelas lebih baik dibandingkan yang hanya mampu 1 bahasa. Begitupun seterusnya sehingga masyarakat luar agaknya iri dengan apa yang Anda miliki saat ini.

Cara Menumbuhkan Kecintaan Akan Bahasa Batak

Faktanya, bahasa daerah mulai terpinggirkan oleh bahasa asing. Kok bisa? Karena orang menganggap dirinya lebih hebat/keren ketika bisa menyisipkan bahasa asing di dalam sebuah percakapan. Malahan, ada orang yang full berbahasa asing meskipun bukan didepan orang asing.

Bisa dibayangkan jika ini terus dilakukan, bukan tak mungkin jika generasi berikutnya, balita, TK dan tingkat umur diatasnya akan kehilangan jati dirinya. Yakni bahasa asli yang merupakan bahasa identitas daerahnya.
Supaya tidak terjadi kepunahan, tingkatkan kecintaan bahasa tersebut. Caranya bagaimana?

Cara yang pertama adalah menumbuhkan rasa ingin tahu akan bahasa daerah.

Tidak masalah jika Anda bukan orang batak asli. Kecintaan Anda akan bahasa daerah di Nusantara sudah sangat membantu dalam hal melestarikan kekayaan budaya bangsa.

Yang kedua adalah tingkat keseriusan untuk mempelajarinya.

Jika Anda sudah tertarik, pastikan tidak mempelajarinya setengah-setengah. Anda perlu menggunakannya dalam keseharian. Minimal, cara ini adalah sebagai bagian dari tindakan positif untuk menguasainya.

Yang ketiga adalah biasakan untuk mengajak orang tua untuk berbahasa daerah.

Ini berlaku bagi Anda yang memiliki darah batak. Tentu saja orang tua asli batak akan tahu bahasanya.

Anda bisa mengajak orang tua yang sudah lama pindah ke perkotaan untuk berbicara bahasa asli Anda. Dengan cara demikian, Anda akan menguasainya dengan sangat mudah.
Kesimpulannya, jangan pernah malu dengan bahasa daerah Anda sendiri. Ini adalah identitas, dan merupakan bagian dari kekayaan nusantara yang harusnya Anda banggakan. Jadi, jika Anda bangga dengan Indonesia, banggalah dengan bahasa yang Anda miliki. Salah satunya adalah bahasa batak ini.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *