Bahasa Basque, Bahasa Tertua Yang Penuh Dengan Misteri

Bahasa Basque Aug 27, 2018 No Comments

Bahasa Basque dikenal juga dengan Euskara. Berbeda dari bahasa Inggris yang hampir digunakan seluruh penduduk dunia sehingga sangat mudah untuk menemukan kursus bahasa Inggris di Bandung atau daerah lainnya, bahasa Basque justru merupakan bahasa daerah yang hanya digunakan oleh penduduk tertentu. Diantaranya adalah orang-orang yang mendiami wilayah utara-tengah Spanyol dan Utara Tengah Perancis.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Bahasa ini dituturkan oleh Etnis Basque. Bahasanya masih menyimpan misteri karena belum diketemukan dari mana asal bahasa tersebut.

Sekilas Tentang Bahasa Euskara

Bahasa Euskara ini termasuk bahasa tertua di Eropa. Bahasa tersebut dituliskan dengan aksara latin. Namun begitu, bahasa tersebut masih menyimpan tanda tanya mengenai kekerabatannya dengan bahasa lainnya.

Beberapa ahli linguistik masih belum bisa memecahkan asal usulnya. Namun beberapa teori mengemukakan jika Euksara sendiri hampir sama dengan Bahasa Iberia. Keduanya berasal dari bahasa yang sama, walaupun telah berevolusi mengikuti waktu.

Kedua bahasa ini juga mulai punah. Hal ini disebabkan oleh politik masa lampau. Para penjajah menginginkan setiap penduduk untuk menggunakan Bahasa Spanyol. Sementara bahasa lainnya tidak boleh digunakan.

Dengan membatasinya, bahasa ini lama kelamaan mulai punah. Dan ini adalah cara efektif untuk menghancurkan sebuah peradaban dari sebuah etnis tertentu. Karena bahasa merupakan ciri khas dari penduduk itu sendiri.

Ketika bahasanya hilang, maka kekhasan penduduk ataupun etnis juga akan tergerus hilang. Inilah yang berjalan selama beberapa ratus tahun lalu.

Meskipun begitu, masih ada beberapa tempat yang menggunakannya. Hanya saja, bahasa tersebut hanya digunakan sebagai bahasa lokal saja. Yakni dituturkan oleh etnis Euskara itu sendiri.

Cara Mempelajari Bahasa Basque

bahasa euskara atau basque

Meskipun sudah tergerus dan hanya beberapa orang saja yang menggunakannya, tidak ada salahnya jika kamu mengenal dan mempelajarinya. Mempelajarinya bisa membantu untuk melestarikan sebuah bahasa yang hampir punah.

Memang tidak akan terlalu banyak bahasa yang akan dikuasai, namun mengenal beberapa kosakata tetap bisa dilakukan. Caranya adalah dengan mengingat beberapa kosakata dasar atau kalimat yang sering digunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Bahasa BasqueArtinya
KaixoHai
Egun onSelamat pagi/siang
Arratsaide onSelamat sore
GabonSelamat malam
AgurSelamat tinggal
Hurrengo arteSampai jumpa
Laster ateSampai nanti
BaiYa
EzTidak
Eskerrik askoTerimakasih
Ez dago zergaitikTerimakasih kembali
OndoBaiklah
BerharbadaMungkin
BerkatuPermisi
Sentitzen dutMaaf
...daukatSaya punya
Ez daukat... rikSaya tidak punya
...daukaguKami punya
Badago...Ada
Ez dago... rikTidak ada...
PolitaCantik
...NaizNama saya...
...Ra naizSaya berasal dari...
...Urte ditutUmur saya...
AdosSetuju
JakinaAlami
Maite zaitutAku cinta kamu
Momentu bat mesedezTolong tunggu sebentar
Mesedez errepikatuTolong diulang
Mesedez idatziTolong tuliskan
Hori ez dut ulertzenSaya tidak mengerti
Bakarrik bidaiatzen dutSaya bepergian sendirian
Ez dut bakarrik bidaiatzenSaya tidak bepergian sendirian
Zero0
Bat1
Bi2
Hiru3
Lau4
Bost5
Sei6
Zazpi7
Zortzi8
Bederatzi9
Hamar10
Hamaika11
Hamabi12
Hamahiru13
Hamalau14
Hamabost15
Hameretzi19
Hogei20
Hogeita bat21
Hogeita bi22
Hogietia hamar30
Berrogei40
Berregeita bat41
Berrogeita hamar50
Hirurogei60
Hirurogeita bat61
Hirurogeita hamar70
Laurogei80
Laurogeita bat81
Laurogeita hamar90
Ehun100
Mila1000
Miloi bat1.000.000
Pare batSepasang

Kamu bisa mencoba untuk mencari kosakata lain untuk melengkapi kosakata ini dengan kosakata lainnya. Kemudian kamu juga bisa mencari contoh percakapan dalam bentuk audio untuk mempelajari pelafalannya. Dengan cara seperti ini, kamu akan lebih mudah untuk mengenali bahasanya dan bisa menggunakan Bahasa Basque tersebut.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *