Ayo Belajar Bahasa Aceh! Contoh Obrolan Informal Dalam Bahasa Aceh

Bahasa Aceh Aug 14, 2018 No Comments

Untuk kamu yang lagi cari destinasi berlibur, selain tempat-tempat di Jawa, kamu juga bisa mengunjungi Aceh loh. Nah, mungkin belum pernah terlintas di kepala kamu, kenapa sih kamu harus ke Aceh? Ternyata kota Aceh akhir-akhir ini banyak mendapatkan kunjungan, bukan hanya dari masyarakat dari penjuru Indonesia, tapi juga beberapa belahan dunia. Nah, untuk kamu yang datang dari Jakarta, kamu bisa mulai cari kursus bahasa inggris di Jakarta nih supaya bisa berkomunikasi dengan para turis asing nantinya.

Dengan datang ke Aceh, wilayah paling Barat Indonesia, dijamin kamu akan merasakan sensasi baru liburan ke tempat baru selain di Pulau Jawa atau selain ke Raja Ampat Papua yang berada di wilayah paling timur Indonesia. Jangan lupa juga untuk mempelajari bahasa Aceh nya ya!

Mengapa Harus Aceh?

Ternyata di Banda Aceh juga dikenal memiliki destinasi wisata yang sangat recommended loh, seperti Masjid Raya Baiturrahman, kapal PLTD Apung, Museum Tsunami, kapal di atas rumah, dan masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Akan tetapi, bukan hanya wisata saja yang sebenarnya menjadi daya tarik dari tempat yang satu ini. Bagi umat Islam di Indonesia, Aceh dikenal sebagai serambi Makkah. Tentu tidak bisa disandingkan dengan tempat aslinya. Akan tetapi, adanya peraturan syariat Islam yang diterapkan di Banda Aceh membuat banyak umat islam tanah air ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi sosial budaya di sana.

Nah hal ini membuat Aceh memiliki akulturasi budaya yang unik. Kultur asli orang Banda Aceh yang tercampur dengan aturan agama Islam yang secara ketat diterapkan oleh masyarakat membuat sosial budaya di Banda Aceh tak pernah berhenti untuk diteliti.

Trik Belajar Bahasa Aceh Dengan Cepat

Tidak diragukan lagi jika Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal sangat kaya akan destinasi alamnya. Beragam pulau, pantai, sampai dengan air terjun akan langsung membuat siapapun jatuh hati pada pandangan pertama.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Salah satu hal yang unik di Indonesia adalah hampir setiap pulau yang ada di Indonesia memiliki bahasa daerahnya sendiri. Begitupun juga dengan Aceh. Di sana juga terdapat bahasa daerah yang sangat erat dengan sejarah Aceh itu sendiri.

Dan bagi kamu yang ada niatan berkunjung ke Aceh, sedikit menguasai bahasa obrolan sehari-hari Aceh akan sangat membantu terutama ketika kamu berada di sana. Dengan menguasai beberapa bahasa Aceh, kamu juga bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat Aceh.

Dan dengan memilih bahasa Aceh untuk berkomunikasi dengan masyarakat Aceh, sudah pasti kamu akan semakin dihormati. Karena seseorang yang kamu ajak bicara pasti akan sangat senang karena kamu mau menggunakan bahasa aslinya untuk berkomunikasi dengannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh obrolan sehari-hari informal dalam bahasa Aceh yang sering digunakan setiap harinya.

Peu haba?

Ketika kamu ingin menanyakan kabar dengan menggunakan bahasa Aceh, gunakan Peu haba? yang dalam bahasa Indonesianya memiliki arti Apa kabar?

Maah Teungku, numpang/neukjak tanyeng?

Saat kamu ingin menanyakan sesuatu apapun dengan menggunakan bahasa Aceh, maka ucapkan Maah Teungku, numpang/neukjak tanyeng? Yang dalam bahasa Indonesianya memiliki arti mohon maaf mas, izin mau bertanya?

Nyoe neuk tajak ue mesjid raya? Rheut teuh Tengku?

Tidak lengkap rasanya jika ke Aceh tidak berkunjung ke Masjid Raya Aceh. Dan jika kamu ingin menanyakan di mana lokasi Masjid Raya Aceh dengan menggunakan bahasa Aceh maka katakan saja Nyoe neuk tajak ue mesjid raya? Rheut teuh Tengku? Yang dalam bahasa Indonesianya berarti jika ingin pergi ke mesjid raya? Lewat arah mana ya mas?

Pat waroeng bue Mangat ngen murah disinoe?

Kalau kamu ingin menanyakan tempat makan mana yang paling enak dan murah di Aceh maka katakan saja Pat waroeng bue Mangat ngen murah disinoe? Yang dalam bahasa Indonesianya memiliki arti dimana warung nasi enak dan murah di sini?

Padup teungku?

Saat kamu ingin menanyakan harga sebuah barang dengan menggunakan bahasa Aceh maka katakan saja Padup teungku? Yang dalam bahasa Indonesia berarti berapa harganya mas?

Pat tempat wisata nyang lagak disinoe?

Pat tempat wisata nyang lagak disinoe? ini diucapkan saat kamu ingin menanyakan tempat wisata yang indah di Aceh. Sebab kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia berarti Dimana tempat wisata yang indah disini?

Terimong geunaseh Teungku

Dan ketika kamu ingin mengatakan terimakasih dengan menggunakan bahasa Aceh maka katakan saja ‘Terimong geunaseh Teungku’ yang dalam bahasa Indonesia berarti terimakasih mas.

Nah itulah beberapa contoh bahasa Aceh yang bisa kamu pelajari dan kamu gunakan saat berkunjung ke Aceh. Dan semoga ulasan singkat ini bisa membantu kamu ya! Selamat berkunjung ke Aceh!

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *