7 Tips Mudah Belajar Beberapa Bahasa Sekaligus

Belajar Bahasa May 30, 2017 No Comments

Perlu kita ketahui bahwa hal pertama yang menjadi penghalang seseorang dalam belajar adalah adalah kesulitan seseorang dalam menguasai bahasa asing. Padahal kunci utama seseorang bisa menguasai suatu negara adalah bisa menguasai pula bahasa negara tersebut. Dengan kemahiran berbahasa asing menjadi modal utama untuk bisa memahami setiap celah dan kesempatan dalam menguasai negara tersebut.

7 Tips Mudah Belajar Beberapa Bahasa Asing

1. Memiliki Tujuan dalam Mempelajari Bahasa Asing agar Naik Kelas

Dengan memiliki suatu alasan tertentu mengapa Anda ingin mempelajari bahasa asing tersebut maka hal tersebut akan menjadi semangat yang kuat dalam Anda mempelajarinya. Sebagai contoh Anda berkeinginan untuk mendirikan suatu usaha di negara lain maka hal utama adalah bisa menguasai bahasa negara tersebut. Atau ringannya anda ingin bermain game Inggris dimana diperlukan kemampuan bahasa yang baik untuk setiap menyelesaikan tantangannya.

"Alfatih dan Ashkar seneng banget bisa nikmati Belajar Inggris yang Fun di EF" ~ Iva. "Setiap Sabtu menjelang siang, Kyna selalu menunggu kelasnya mulai" ~ Acha. Buruan dapetin ▶ 💰 DISKONBelajar Inggris di EF English First. Belajar semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

2. Pelajari Kosa Kata yang Tepat dengan Cara Benar

Semakin banyak kosa kata yang dimiliki tentu semakin mempermudah seseorang dalam berbahasa asing. Hal demikian juga dibarengi dengan kemahiran dalam pengucapannya. Karena kesalahan pengucapan dalambahasa asingakan menyebabkan kesalahpahaman maksud dari komunikator dengan penerima informasi.

Sebagai contoh dalam Bahasa Inggris kata know dibaca no. sedangkan kata now dibaca nao. Dalam Bahasa Arab juga kesalahan huruf bisa berbeda arti. Contoh “nirrohim” yang artinya penyayang jika salah mengucapkan menjadi “nirrojim” yang artinya terkutuk.

3. Variasi Pembelajaran

Anda tentu akan merasa bosan jika belajar dengan metode yang sama atau dengan cara yang sama setiap waktu. Rasa bosan dan ketidaknyamanan lagi tentu membuat Anda tidak semangat untuk melanjutkan pembelajaran. Hal ini dapat berpengaruh buruk dalam belajar bahasa asing Anda. Anda harus menggunakan cara yang bervariasi dalam belajar.

Misalnya Anda suka mempelajari bahasa asinglewat film terjemah, sesekali mengganti metode dengan mendengarkan lagu-lagu bahasa asing.Jika sudah bosan dengan cara demikian bisa ganti dengan metode membaca cerita pendek dalam bahasa asingatau menulis karya pribadi seperti puisi, pantun dan cerpen dalam bahasa asing. Kevariatifan cara yang dipakai akan membuat Anda tidak cepat bosan dalam belajar.

anak belajar

4. Membuat Kerangka Kosa Kata yang Menarik

Hal demikian membuat Anda mahir berbahasa beberapa bahasa asing sekaligus. Sebagai contoh dalam Bahasa Korea aku cinta kamu menjadi ’’sharanghae’’, dalam bahasa Arab menjadi ’’ahabbuka’’, dalam percakapan bahasa Inggris menjadi ’’I love you’’.

Anda bisa menulis suatu kata dalam Bahasa Indonesia kemudian membuat cabang arti ke dalam berbagai Bahasa asing. Ini akan mempermudah berbagai bahasa asing sekaligus dengan cara yang mudah dan cepat.

5. Menjaga Kualitas dan Kuantitas dengan Cara Tepat

Dalam mempelajari suatu hal Anda harus memahami tentang diri Anda sendiri. Mulai dari dimana waktu terbaik Anda belajar dengan fokus. Karena setiap orang memiliki suasana ynag berbeda dalam menerima suatu pelajaran tertentu. Ada yang lebih suka belajar pada pagi hari, ada yang lebih suka belajar pada siang hari dan sebagainya.

Anda juga bisa membuat jadwal rutin dan target belajar. Dengan jadwal ini akan menjadi sebuah patokan waktu belajar Anda dan target tertentu akan menjadi semangat tersendiri bagi Anda. Sebagai contoh Anda mentargetkan seminggu sekali bisa menguasai 10 kosa kata dalam 3 bahasa asing. Maka jaga jadwal belajar dan penuhi target yang sudah ditentukan.

6. Praktik Berbahasa Asing

Dengan mempraktikkan kemampuan berbahasa asing, maka akan menjadikan Anda lebih terbiasa mengucapkannya. Karena suatu kebiasaan akan menjadi suatu hal yang biasa untuk dilakukan.

7. Komitmen dan Konsisten

Adakalanya suatu hal akan menjadi penghambat dalam menempuh sesuatu. Dengan menanamkan suatu tekad yang kuat maka suatu rintangan yang Anda temui dalam belajar bahasa asing tersebut akan menjadi tantangan yang menantang dan harus ditaklukkan.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *