7 Tips Mudah Belajar Bahasa Maluku Sehari-hari

Bahasa Ambon May 29, 2017 No Comments

Apabila Anda pergi ke suatu daerah hal utama yang wajib dimiliki adalah bisa berkomunikasi dengan penduduk daerah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah yang Anda kunjungi salah satunya Bahasa Maluku. Jika Anda tengah melakukan kunjungan ke Maluku alangkah baiknya untuk bisa berkomunikasi dengan warga setempat dengan menggunakan bahasa daerah Maluku. Caranya adalah mempelajari terlebih dahulu bahasa yang mereka gunakan sebelum Anda benar-benar berkunjung kesana. Bahasa Maluku merupakan bahasa yang dikenal di Eropa dimana banyak penutur bahasa Inggris dan bahasa Belanda mempelajarinya.

Berikut ini tips yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari bahasa Maluku sehari-hari dengan mudah.

1. Niat yang Kuat

Modal utama untuk mempelajari suatu bahasa, baik itu bahasa luar negeri atau bahasa daerah di Indonesia adalah niat yang kuat dari diri sendiri. Dengan memiliki niat yang kuat tentunya dapat memacu diri untuk tetap semangat belajar menguasai bahasa tersebut.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Begitu juga dengan bahasa Maluku, apabila sudah ada niat yang kuat dari dalam hati maka proses belajar bahasa Maluku pun menjadi lebih bersemangat dan tanpa beban.

2. Mencari Teman Orang Maluku

Tips berikutnya adalah dengan mencari teman yang berasal dari Maluku asli. Tentunya dengan belajar langsung dengan cara bercakap-cakap langsung dengan orang Maluku akan mempermudah Anda yang ingin belajar bahasa Maluku untuk percakapan sehari-hari.

3. Dengarkan Ketika Ada Orang Maluku Berbicara

Tips berikutnya adalah mendengarkan ketika ada orang dari Maluku yang sedang berbicara dengan bahasa Maluku. Perhatikan baik-baik apa yang mereka ucapkan dan coba untuk pahami maksudnya. Apabila saat mereka berbicara ada kata-kata yang kurang Anda pahami bisa langsung ditanyakan apa maksudnya.

maluku

Photo Credit: Ozerochad Flickr via Compfight cc

4. Amati Kemiripan Bahasa Maluku dengan Bahasa Daerah Anda

Setiap bahasa dari suatu daerah pastinya memiliki sisi kemiripan dalam kosa kata yang dimiliki. Dengan mempelajari kemiripan kosa kata yang ada di bahasa Maluku dengan daerah Anda akan mempermudah proses memahami kosa kata yang ada di bahasa Maluku.

5. Ulangi Apa yang Sudah Dipelajari

Langkah selanjutnya adalah mengulangi percakapan dan kosa kata yang sudah Anda pelajari. Apabila Anda sering mengulang percakapan dalam Bahasa Maluku tentu akan mempercepat proses belajar bahasa Maluku, selain itu juga memori tentang bahasa Maluku yang sudah dipelajari menjadi lebih tahan lama atau tidak mudah lupa.

6. Mempelajari Percakapan untuk Situasi Khusus

Yang berikutnya untuk mempelajari bahasa Maluku adalah dengan belajar menggunakan bahasa Maluku dalam situasi tertentu. Situasi khusus disini adalah untuk suasana yang formal, semi formal, dan non formal. Tentunya setiap situasi menggunakan cara percakapan yang berbeda-beda. Dengan Anda memahami percakapan untuk situasi yang tepat dapat mempermudah ketika belajar bahasa Maluku.

7. Manfaatkan Media Sosial

Tips yang terakhir adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk belajar bahasa Maluku. Media sosial yang dapat digunakan bisa Facebook, BBM, dan lain-lain.

Jika Anda menggunakan Facebook caranya adalah berteman dengan orang dari Maluku yang menggunakan bahasa Maluku asli, kemudian mintalah untuk bercakap-cakap dalam bahasa Maluku. Cara ini termasuk efektif untuk mempercepat Anda dalam menguasai bahasa Maluku.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk belajar bahasa Maluku untuk sehari-hari. Dengan sering berlatih dan bercakap-cakap dalam bahasa Maluku tentunya mempercepat dalam penguasaan bahasa Maluku.

Selain itu memahami dan menghafalkan kosa kata bahasa Maluku juga merupakan hal yang penting, karena modal utama dari sebuah percakapan adalah memiliki koleksi kosa kata yang cukup untuk bisa melakukan proses komunikasi yang dapat dimengerti satu sama lain.

Semoga dengan mencoba cara di atas dapat mempermudah Anda yang ingin belajar bahasa Maluku agar bisa bercakap-cakap dalam bahasa Maluku dengan baik dan benar.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *