7 Tips Menguasai Bahasa Asing dengan Mudah dan Cepat

Belajar Bahasa May 30, 2017 No Comments

Kemahiran dalam berbahasa asing memang menjadi suatu hal yang diinginkan setiap orang. Karena jika seseorang pandai dalam berbahasa asing maka orang tersebut lebih mudah dalam melakukan sesuatu terutama lebih mudah mencari informasi yang dalam tingkat internasional.

Apalagi semakin maraknya film-film Korea, boyband serta lagu-lagu dari barat yang semakin digemari kalangan remaja. Tentu kemampuan berbahasa asing menjadikan Anda tidak ketinggalan dengan kemajuan zaman. Serta sosial media dari produk-produk luar negeri yang panduan cara pengoperasiannya dengan bahasa asing. Tentunya kemampuan berbahasa asing sudah menjadi hal yang pokok bagi Anda.

7 Tips Menguasai Bahasa Asing dengan Mudah dan Cepat

1. Niat Mempelajari Bahasa Asing

Niat merupakan modal utama bagi seseorang untuk melakukan sesuatu tanpa rasa terpaksa. Dengan niat dan keinginan untuk mempelajari Bahasa Asing maka akan menjadi patokan utama yang memantapkan hati Anda agar tidak goyah jika suatu ketika terjadi kesulitan atau hambatan dalam mempelajari bahasa asing tersebut.

2. Belajar Setiap Hari

Hal utama agar seseorang mahir berbahasa asing adalah kemampuan kosa katanya serta mempelajari cara pengucapannya. Namun kosa kata yang sudah dipelajari sekian lama sering kali terlupakan karena tidak tidak menjaganya. Hal ini tentu akan disayangkan sekali bagi Anda.

Dengan mempelajarinya setiap hari Anda akan menabung kemampuan berbahasa asing tanpa menghilangkan kosa kata atau tata cara berbahasa asing dengan kalimat-kalimat  yang sudah dipelajari sebelumnya.

3. Praktikan dengan Teman

Terkadang seseorang pandai tentang teori suatu hal tetapi belum tentu pandai dalam mempraktikkannya. Untuk lebih mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa asing Anda, maka hal yang selanjutnya adalah mempraktikkannya. Anda bisa melakukan percakapan bahasa Inggris dengan teman Anda.

4. Praktik dalam Kehidupan Sehari-hari

Kebiasaan dalam berbahasa asing akan membuat Anda biasa juga melakukannya. Anda bisa memulainya dengan kalimat sehari-hari yang biasa diucapkan. Seperti cara memperkenalkan diri, menanyakan kabar dan sebagainya.

Atau ketika Anda akan berpisah dengan teman bias iseng-iseng mengucapkan “see you again”, “see you letter”, “see you tomorrow” dan sebagainya. Bisa juga dari kebiasaan mengucapkan rasa terimakasih dengan kata” thank you so much”, “thanks a lot”, “thank you very much” dan sebagainya yang pada intinya adalah meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda melalui praktik kebiasaan tersebut.

bahasa asing

5. Jangan Takut Salah

Rasa takut dalam melakukannya justru hanya akan menghambat ketepatan berbahasa asing Anda. Karena seseorang yang memilki kemampuan berbahasa asing dengan baik tetapi dia takut untuk memakainya dalam bahasa sehari-hari atau mencoba mempraktikkannya akan membuat seseorang tanpa kritik dari orang lain.

Tentunya hal demikian akan membuat kesalahan yang ada akan tetap salah. Anda bisa mencobanya dengan pergi ke tempat wisata yang biasa dikunjungi orang asing dan berbicara dengan mereka. Hal demikian tentu akan menjadi pelajaran tersendiri bagaimana tata cara berbahasa asing dengan benar langsung belajar dari sumbernya.

6. Praktik di Pekerjaan

Sering kali suatu pekerjaan tertentu menuntut Anda untuk pandai berbahasa asing. Sebagai contoh pekerja kantoran yang relasi kerjanya adalah orang-orang dari luar negeri. Secara tidak langsung sebelum bertemu partner kerja dari negara lain Anda akan memulai kebiasaan berbahasa asing di dalam pekerjaan dengan teman kerja Anda.

7. Menulis dengan Bahasa Asing

Setiap orang memiliki hobinya masing-masing. Ada yang suka mendengarkan musik, menonton film, ada yang suka menulis karya-karya seperti puisi, pantun dan sebagainya. Lewat hobi atau kegemaran Anda bisa memanfaatkannya untuk belajar bahasa asing.

Sebagai contoh Anda menyukai lagu menggunakan bahasa Inggris. Secara tidak langsung maka Anda akan mencari tahu artinya. Hal lain jika Anda suka dengan dunia tulis menulis, menulis puisi contohnya. Anda bisa menterjemahkannya ke dalam bahasa asing dan mempelajarinya. Hal demikian akan meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Jhonny Ingglis

Heyy… if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *