Kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang pokok pada sekarang ini, terutama seseorang yang mampu melakukan percakapan bahasa Inggris. Semakin sulitnya mencari pekerjaan karena tuntutan berbahasa asing yang handal dari banyak bidang pekerjaan. Bagi banyak kalangan berbahasa asing merupakan hal yang sulit
"/>

7 Tips Cepat Menguasai Bahasa Asing Secara Otodidak

Belajar Bahasa May 30, 2017 No Comments

Kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang pokok pada sekarang ini, terutama seseorang yang mampu melakukan percakapan bahasa Inggris. Semakin sulitnya mencari pekerjaan karena tuntutan berbahasa asing yang handal dari banyak bidang pekerjaan. Bagi banyak kalangan berbahasa asing merupakan hal yang sulit dan tidak murah. karena demi menguasai bahasa asing seseorang harus sekolah tinggi atau dengan kursus bahasa dengan biaya yang tidak murah.

Gratis Free Placement Test di EF, lebih detail klik link ini PROMO GRATISBelajar Inggris di EF English First semakin menyenangkan! 🇬🇧 🇮🇩 🇸🇪

Untuk mengatasi kebutuhan berbahasa asing dengan biaya yang terjangkau salah-satu cara terbaik adalah dengan mempelajarinya secara otodidak. Cara ini dilakukan dengan mempelajarinya sendiri tanpa kursus ataupun sekolah tinggi. Berikut penjelasan bagaimana mempelajari Bahasa Asing secara otodidak dengan mudah dan cepat.

7 Tips Menguasai Bahasa Asing Secara Otodidak

1. Menyukai Bahasa Asing

Hal pertama yang terpenting sebelum Anda mulai mempelajari bahasa asing adalah harus menyukainya terlebih dahulu. Dengan rasa suka terhadap bahasa asing maka Anda akan memiliki semangat dalam mempelajari bahasa asing tersebut.

2. Niat Belajar Bahasa Asing

Jika Anda sudah memiliki niat yang kuat untuk mempelajari bahasa asing maka juga sudah siap dengan segala hambatan dan rintangan yang mungkin terjadi selama pembelajaran. Tetapi dengan niat dan tekad serta tujuan tertentu yang menjadi alasan Anda untuk mempelajari bahasa asing maka jika suatu ketika merasa jenuh dan kesulitandalam mempelajarinya tidak akan membuat Anda menyerah begitu saja.

3. Perbanyak Kosa Kata

Hal yang tidak kalah penting adalah Anda harus menguasai kosa kata bahasa asing dalam jumlah yang cukup banyak. Karena salah satu kelemahan seseorang dalam berbahasa asing karena kurangnya kosa kata yang dimiliki. Semakin banyak kosa kata yang Anda kuasai maka akan semakin mudah dalam mempelajari bahasa asing.

4. Perbanyak Membaca Tulisan Bahasa Inggris

Anda bisa melakukannya lewat berbagai hal. Misal lewat cerpen, lewat lirik lagu dalam bahasa asing dengan terjemahannya ataupun melalui membaca cerita pendek seperti teks deskripsi, petunjuk pembuatan, petunjuk pemakaian suatu benda yang ditulis menggunakan bahasa asing.

Dengan demikian Anda akan mempelajari struktur penyusunan kata atau kalimat dalam bahasa asing. Tentang grammer, tata cara penyusunan kalimat berdasarkan waktu atau kata kerja dalam bentuk yang sudah terjadi, sekarang, atau yang akan datang. Atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan PastTense, ContinousTenses, dan Simple Continous Tenses.

Karena dalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris akan ada pola perubahan bentuk kalimat antara suatu pekerjaan yang sedang terjadi ataupun terjadi di masa yang akan datang. Contohnya dalam Bahasa Inggris ‘’I have eaten now’’ artinya aku sudah makan sekarang sedangkan ‘’i am eating now’’ artinya aku sedang makan sekarang.

listening english

5. Praktikkan dengan Percakapan

Setelah Anda menguasai beberapa kosa kata atau kalimat dalam bahasa asing hal selanjutnya adalah mempraktikkannya lewat perbincangan secara langsung dengan lawan bicara Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih terbiasa berbicara menggunakan bahasa asing.

6. Pelajari Pengucapan dalam Bahasa Asing

Selain hal yang sudah disebutkan hal yang tak kalah penting adalah Anda juga harus memperhatikan tata cara pengucapannya. Karena kesalahan pengucapan bahasa asing akan terjadi kesalahan dalam mengartikannya juga. Sehingga terjadi kesalahpahaman maksud dari pemberi informasi dan penerima informasi.

7. Gunakan Teknologi

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, Anda bisa memanfaatkan Google Translator menggunakan ponsel atau media lainnya yang dapat menghubungkan Anda ke jaringan internet. Atau Anda juga bisa memanfaatkan kamus elektronik yang disediakan khusus sebagai media penerjemah bahasa asing.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *