7 Tips Belajar Bahasa Bali Hingga Mahir Beserta Contohnya

Bahasa Bali May 16, 2017 No Comments

Mempelajari bahasa Bali tentu akan menjadi sangat penting bagi Anda yang akan tinggal ataupun berkunjung ke Bali sama pentingnya dengan belajar bahasa inggris. Bahasa Bali akan menjadi bahasa yang sering digunakan untuk berinteraksi dengan warga lokal supaya lebih membaur, mudah dimengerti dan menghormati warga sekitar.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Belajar Bahasa Bali sebenarnya sangatlah mudah. Sama mudahkan ketika pada awal dulu kita menentukan bahasa inggris belajar di sekolah. Silahkan praktekkan 7 tips berikut ini maka Anda pun bisa mahir menggunakan bahasa Bali.Berikut Tips Belajar Bahasa Bali :

1. Perbarui Kosakata Setiap Hari

Untuk bisa lebih mengerti setiap percakapan tentu harus mengetahui setiap kosa kata yang dituturkan. Selalu tingkatkan gudang kosakata yang Anda miliki untuk membuat Anda lebih mahir. Paling tidak tambah 3-5 kosakata setiap hari sehingga Anda akan dibekali dengan kosakata Bahasa Bali yang kaya.
Contohnya :
Prabu dan sirah memiliki arti yang sama yaitu kepala.
Karna berarti kuping.
Lambe, bibih, bungut berarti mulut.

  • Siki berarti 1.
  • Kalih berarti 2.
  • Tiga berarti 3.
  • Papat berarti 4.
  • Lima berarti 5.
  • Nenem berarti 6.
  • Pitu berarti 7.
  • Kutus berarti 8.
  • Sanga berarti 9.
  • Dasa berarti 10.

2. Perbanyak Kosakata yang digunakan Sehari-hari

Memperkaya kosakata terutama yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari membantu Anda untuk bisa lebih paham dengan setiap ucapan yang dikatakan oleh orang lain. Selalu memperkaya kosakata yang sekiranya paling sering diucapkan dan dibutuhkan dari kehidupan sehari-hari seperti angka, panggilan, sapaan, dan lainnya.
Contohnya:

Untuk menanyakan kabar bisa menggunakan kata = apa kabar yang dalam bahasa bali: kenken kabare
Kemudian untuk menjawab sapaan tersebut bisa dijawab dengan kata : baik-baik dalam bahasa Bali : becik-becik

Ada juga sapaan untuk meyatakan selamat pagi, selamat siang, dsb seperti berikut:

Selamat pagi menggunakan kosakata ‘rahajeng semeng’
Selamat siang dalam bahasa Bali ‘rahajeng tengai’
Selamat sore dalam Bahaasa Bali ‘rahajeng sanje’
Selamat malam dalam Bahasa Bali ‘rahajeng wengi’

3. Praktekkan Pengucapannya

Kemudian selalu praktekkan dari setiap kosa kata yang sudah didapatkan. Pengucapan menjadi hal yang penting karena dalam berkomunikasi bisa saja menjadi salah arti ketika mengucapkan dengan penuturan yang salah. Anda bisa untuk berlatih mengucapkannya sendiri untuk bisa lebih lancar dalam menuturkan kosa kata tertentu.

4. Praktekkan dengan Teman

Supaya setiap ucapan ataupun bahasa bisa diketahui benar atau tidaknya Anda perlu orang lain yang bisa menilai tingkat dari pemahaman Anda. Anda bisa mengajak teman untuk mempraktekkan kemampuan Anda baik itu dengan bercakap, menebak kosakata ataupun cara lainnya yang bisa menambah kemahiran dalam berbahasa.

5. Gunakan Untuk Kehidupan Sehari-hari

Selanjutnya yang tak kalah penting juga adalah mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Mahir berbahasa diawali dengan kebiasaan menggunakannya. Oleh karena itu selalu gunakan Bahasa Bali baik itu saat di rumah, bersama teman ataupun dalam kesempatan lainnya.

6. Pelajari Cara Membaca Bahasa Inggris yang Benar

Hal yang paling penting dalam Bahasa Bali adalah bisa membaca dengan cara yang benar. Salah satu ciri khas yang begitu kental adalah akhiran ‘e’ yang harus mulai dibiasakan.

Dalam bahasa Bali memang setiap akhiran kosa kata yang diakhirii dengan huruf ‘a’ harus dibaca menjadi ‘e’ seperti dalam tuturan ketika membaca ‘tante’. Sedangkan jika kata terebut berakiran huruf ‘e’ maka harus dibaca ‘e’ seperti pada kata ‘bule’.

7. Memanfaatkan Media TV, Radio dan Ponsel

Untuk lebih terbiasa dengan Bali Anda juga bisa memanfaatkan keberagaman teknologi saat ini. Mendengarkan berita lokal Bali, cerita yang berbahasa Bali akan membuat Anda lebih mudah untuk menyerap bahasa dan lebih paham betul bagaimana cara pengucapan yang benar.

Temukan cara bercerita tentang liburan Anda dan anak Anda ke Bali dengan program EF Holiday Academy bersama Leo putra Donna Darius

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *