7 Langkah Cerdas Kuasai Grammar Bahasa Inggris Dalam Waktu Singkat

Bahasa Inggris Aug 14, 2018 No Comments

Setiap bahasa yang ada di dunia ini pasti memiliki atau membutuhkan yang namanya tata bahasa untuk menyusun kata supaya bisa memiliki makna tertentu saat diucapkan. Begitupun juga dengan bahasa Inggris yang dikenal dengan grammar. Grammar menjadi salah satu hal penting yang dipelajari dalam bahasa inggris baik saat belajar sendiri maupun saat kamu belajar bahasa inggris dengan mengikuti kursus inggris di Surabaya atau kota-kota lainnya.

Meskipun pada dasarnya, grammar ini lebih difokuskan pada penggunaan bahasa resmi. Tapi meskpun demikian, sebenarnya saat menggunakan bahasa tidak resmi atau informal tetap membutuhkan yang namanya grammar.

Bisa kamu bayangkan ketika berbicara dengan seseorang tanpa menggunakan grammar yang baik dan benar. Sudah pasti akan membuat lawan bicara menjadi bingung. Bahkan tidak hanya bingung saja, hal terburuknya bisa sampai salah tafsir.

Tips Belajar Grammar Dengan Cepat

 

Sampai sekarang, pelajaran bahasa Inggris masih menjadi hal yang cukup menakutkan. Padahal jika tahu caranya, belajar bahasa Inggris bisa sangat menyenangkan loh. Terlebih lagi pada saat mempelajari grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Ikuti Video Wisata Jakarta bersama Iona dan Ebba (Sweden) : EF.ID/wisatajakarta

Tetapi kenyataannya masih saja banyak yang merasa kesulitan dan merasa kebingungan ketika bersinggungan dengan grammar. Bagi kamu yang masih merasa bingung saat berbicara maupun menulis bahasa Inggris lantaran alasan grammar, di bawah ini ada beberapa trik cepat menguasai grammar yang bisa kamu coba.

Practice Makes Perfect

Perbanyak praktek dan jangan pernah takut salah, percayalah. Salah itu adalah hal yang sangat biasa di dalam proses pembelajaran. Yang terpenting adalah usahakan untuk selalu belajar dan memperbaiki kesalahan yang sudah kamu buat. Itulah hal paling penting yang harus kamu lakukan.

Pahami Pola Kalimat

Selalu mengingat pola kalimat dalam bahasa Inggris bisa menjadi kunci untuk mempercepat kamu dalam menguasainya. Selalu ingat bahwa di dalam kalimat bahasa Ingris, subjek selalu diletakkan di awal kalimat, posisi kedua untuk kata kerja, lalu posisi selanjutnya ditempati objek maupun keterangan lainnya, bisa keterangan waktu atau tempat.

Selalu Ingat 3 Dasar Tenses

Supaya tidak bingung, selalu ingat 3 dasar tenses di dalam bahasa Inggris, yaitu past tense, present tense, dan future tense. Yang terpenting lainnya adalah kamu harus paham pola serta penggunaan dari ketiga susunan tenses tadi.

Latihan Menulis Cerita

Upayakan untuk selalu mengembangkan kemampuan belajar structure kamu. Hal seperti ini bisa dilakukan dengan sesering mungkin menulis sebuah cerita. Cobalah untuk menulis cerita dengan memperhatikan waktu kejadiannya. Misalnya saja seperti masa lampau, sekarang, dan yang akan datang.

Perbanyak Membaca

Dengan memperbanyak membaca bacaan dalam bahasa Inggris, kamu bisa lebih memahami berbagai macam bentuk kalimat. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa banyak menemukan kosakata baru dari kalimat-kalimat di dalam bacaan tersebut.

Manfaatkan Aplikasi

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini pada saat belajar grammar. Terlebih lagi sudah banyak sekali aplikasi yang ada serta bisa dengan mudah kamu install di HP ataupun komputer.

Carilah Mentor

Jika ingin cepat menguasai grammar dalam bahasa Inggris, jangan pernah malu untuk bertanya ke seseorang yang kamu anggap pandai dalam bahasa Inggris. Tanyakan semua hal yang membuat kamu bingung. Kenapa? Sebab terkadang belajar otodidak bisa membingungkan.

Selain itu, jika ada rezeki sedikit, bisa memilih belajar grammar di tempat kursus bahasa Inggris. Jangan pernah merasa berat untuk mengeluarkan uang, sebab dijamin hasil yang kamu dapatkan lebih besar dari uang yang kamu keluarkan.

Tidak ada yang mudah untuk sukses. Pasti butuh yang namanya kerja keras dan pengorbanan. Dan ingat, niat kuat saja tidak cukup untuk meraih sebuah kesuksesan. Sebab kerja keras tetap dibutuhkan dalam hal ini. Begitupun juga ketika kamu ingin pintar dalam bahasa Inggris.

Mindset Ketika Belajar Bahasa Inggris

Sebenarnya ada satu kesalahan yang sering menghambat proses belajar. Yaitu lebih mengutamakan benar dalam berbahasa Inggris, bukan bisa. Banyak yang takut bicara Bahasa Inggris karena takut salah. Kemudian mereka malu dan akhirnya tidak jadi bicara Bahasa Inggris.

Akhirnya, mereka belajar Grammar terlebih dahulu. Padahal, tidak cukup satu atau dua tahun untuk menguasai grammar Bahasa Inggris meskipun ada cara yang singkat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jika ingin perkembangan Bahasa Inggris sangat cepat, imbangi belajar Grammar dengan praktik bicara. Seringlah mendengarkan lagu Bahasa Inggris. Jadwalkan kapan kamu menonton film berbahasa Inggris. Jika kamu sering melakukan ini, dijamin kamu tidak perlu waktu lama untuk bisa menguasai Bahasa Inggris.

Jadi, tidak salah jika kamu belajar Grammar. Namun, itu hanya sekedar teori. Praktikkan agar kamu tahu betul makna di balik teori grammar tersebut. Kalau kamu hanya belajar sisi luar grammar, kamu hanya bisa merangkai kata. Namun, kalau kamu mau mempraktikkan, kamu pasti akan tahu lebih dalam mengenai teori grammar tersebut.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *