6 Tips Belajar Bahasa Betawi Beserta Contohnya

Bahasa Betawi May 24, 2017 4 Comments

Apabila Anda pergi ke suatu daerah hal utama yang wajib dimiliki adalah bisa berkomunikasi dengan penduduk daerah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah yang Anda kunjungi. Jika Anda tengah melakukan kunjungan ke daerah yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Betawi alangkah baiknya untuk bisa berkomunikasi dengan warga setempat dengan menggunakan bahasa Betawi. Caranya adalah mempelajari terlebih dahulu bahasa yang mereka gunakan sebelum Anda benar-benar berkunjung kesana, atau langsung mempraktekkannya di sana. Betawi memiliki budaya ramah yang sangat kuat, terbukti dengan banyaknya pendatang yang melebur dengan kebudayaan Betawi. Baik pendatang lokal ataupun ekspatriat dari luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Berikut ini tips yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari bahasa Betawi sehari-hari dengan mudah beserta contohnya :

[extoc]

Tips belajar Betawi beserta contohnya

1. Berteman dengan Orang Lokal

Tips Pertama adalah dengan mencari teman yang berasal dari Betawi. Tentunya dengan belajar langsung dengan cara bercakap-cakap langsung dengan orang Betawi akan mempermudah Anda yang ingin belajar bahasa Betawi untuk percakapan sehari-hari.

2. Sering Mendengar Orang Bicara

Tips berikutnya adalah mendengarkan ketika ada orang dari Betawi yang sedang berbicara dengan bahasa Betawi. Perhatikan baik-baik apa yang mereka ucapkan dan coba untuk pahami maksudnya. Apabila saat mereka berbicara ada kata-kata yang kurang Anda pahami bisa langsung ditanyakan apa maksudnya.

3. Mempraktekkan

Langkah selanjutnya adalah mempraktekkan percakapan dan kosa kata yang sudah Anda pelajari. Apabila Anda sering mengulang percakapan dalam Bahasa Betawi tentu akan mempercepat proses belajar bahasa Betawi, selain itu juga memori tentang bahasa Betawi yang sudah dipelajari menjadi lebih tahan lama atau tidak mudah lupa.

tanjidor

Photo Credit: johanes_r_prakoso Flickr via Compfight cc

4. Mengamati

Setiap bahasa dari suatu daerah pastinya memiliki sisi kemiripan dalam kosa kata yang dimiliki. Dengan mempelajari kemiripan kosa kata yang ada di bahasa Betawi dengan daerah Anda akan mempermudah proses memahami kosa kata yang ada di bahasa Betawi.

5. Niat yang Kuat

Modal utama untuk mempelajari suatu bahasa, baik itu belajar percakapan bahasa Inggris atau percakapan bahasa daerah di Indonesia adalah niat yang kuat dari diri sendiri. Dengan memiliki niat yang kuat tentunya dapat memacu diri untuk tetap semangat belajar menguasai bahasa tersebut. Begitu juga dengan bahasa Betawi, apabila sudah ada niat yang kuat dari dalam hati maka proses belajar bahasa Betawi pun menjadi lebih bersemangat dan lancar.

6. Contoh Bahasa Betawi

  • “Embok” sebutan untuk “kakak ipar perempuan”.
  • “Seceng” artinya “seribu”.
  • “Semetet” artinya “sedikit”.
  • “Pisan” artinya “sedikitpun”.
  • “Permili” artinya “keluarga atau hubungan keluarga”.
  • “Nyai” artinya “nenek”.
  • “Lantaran” artinya “sebabnya”.
  • “Leker” artinya “enak sekali”, biasa untuk menyebut makanan.
  • “Jabrah” artinya “badannya besar”.
  • “In” untuk akhiran “kan” atau “i”, misanya, meramaikan menjadi ngerame-in, mengelabuhi menjadi ngelabuhin.
  • “Geroin” artinya dipanggil dengan berteriak keras, karena ingin mengetahui posisi orang yang sedang dipanggil tersebut”.
  • “Empan” artinya umpan atau semacam makanan yang diberikan untuk binatang peliharaan.
  • “Engkong” artinya “kakek”.
  • “Cemplung” artinya “sesuatu yang masuk ke wadah tertentu”.
  • “Cablak” memiliki arti “banyak omong”.
  • “Ampeg” artinya “bau yang tidak enak di hidung, seperti bau keringat orang lain”.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk belajar berbahasa Betawi untuk sehari-hari. Dengan sering berlatih dan bercakap-cakap dalam bahasa Betawi tentunya mempercepat dalam penguasaan bahasa Betawi.

Selain itu memahami dan menghafalkan kosa kata bahasa Betawi juga merupakan hal yang penting, karena modal utama dari sebuah percakapan adalah memiliki koleksi kosa kata yang cukup untuk bisa melakukan proses komunikasi yang dapat dimengerti satu sama lain.

Semoga dengan mencoba cara di atas dapat mempermudah Anda yang ingin belajar bahasa Betawi agar bisa bercakap-cakap dalam bahasa Betawi dengan baik dan benar.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

4 Comments

  1. Adnan

    Ga ada kata Kapan?

    • Fani Ingglis

      Hi Bang Adnan, makasih loh komentar ente Bang. Biasanya Kata “kapan” itu bisa juga menggunakan kata “kapan ntu” atau juga “kapanan” CMIIW.

  2. maaf om admin ada berapa yg menurut saya salah artinya:
    1. Jabrah : bukan berbadan besar, tapi sesuatu yang kurang enak dilihat, agak sembrono, gak berarturan.
    misalnya : “lo jadi cewek jabrah banget sih”..

    2. Ampeg itu penyakit asma, Kalo bau gak enak APEK

    • Fani Ingglis

      Makasih udah mampir disini ya Bang. Salam Indonesia Jaya 🇮🇩

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *