6 Rahasia Belajar Pronunciation Bahasa Inggris Dalam Seminggu

Bahasa Inggris Sep 03, 2018 No Comments

Meskipun kelihatannya mudah, tetapi ternyata banyak yang merasa kesulitan saat mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Terlebih lagi bagi kamu yang baru belajar bahasa Inggris. Karenanya mengikuti kursus bahasa Inggris di Jakarta Selatan ataupun daerah lainnya akan sangat membantu kamu.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

Tetapi sebenarnya belajar pronunciation sendiri juga mudah loh. Cukup hanya seminggu jika serius belajarnya maka dijamin pronunciation kamu akan semakin baik. Memangnya seperti apa caranya?

Langkah Belajar Pronunciation Dalam Seminggu

Khusus bagi kamu yang masih merasa pronunciation-nya belum begitu sempurna, lakukan beberapa tips belajar pronunciation dalam seminggu di bawah ini:

Pelajari bunyi, suara, dan simbol IPA (Internasional Phonetic Alphabet)

Supaya kamu bisa belajar pengucapan yang benar dari sebuah kata tertentu, maka perlu untuk tahu juga suara apa yang kamu dengar. Misalnya seperti ini, pengucapan kata /bad/, apakah yang dengar kata / bӕd/ atau /bed/.

Dalam situasi ini kamu dituntut harus bisa membedakannya. Untuk memudahkan kamu, IPA (Internasional Phonetic Alphabet) bisa sangat membantu.

Pelajari transkripsi fonetik dan juga penekanan kata

huruf georgia

Bisanya, untuk transkripsi fonetik ditulis dalam IPA (Internasional Phonetic Alphabet). Jadi setiap suara daalam bahasa Inggris punya simbol tersendiri. Umumnya transkripsi fonetik diberikan dalam kurung, seperti /du/ dan /noʊ/ ini.

Di dalam bahasa Inggris, ketika ada kata yang memiliki banyak suku kata, umumnya salah satunya akan diucapkan lebih kuat, istilah bahasa Inggrisnya word stress. Sistem yang paling populer adalah dengan cara menempatkan garis vertikal (ʹ) yang diletakkan sebelum suku kata yang ditekankan di dalam transkripsi fonetiknya. Contohnya saja untuk transkripsi become yaitu /bɪʹkʌm/.

Biasakan memeriksa pengucapan dalam kamus

Pada saat kamu berbicara lalu kamu kurang yakin bagaimana mengucapkan kata tersebut, sebaiknya jangan menebak-nebak. Langsung saja periksa pengucapannya terlebih dahulu sebelum mengatakannya.

Dan bagi para pemula, sebaiknya sebelum membacanya tulis terlebih dahulu simbol-simbol fonetiknya. Jika belum yakin, manfaatkan kamus. Hal seperti ini harus sering kamu lakukan supaya terbiasa dengan pronunciation yang tepat. Jangan sampai Kamu justru menebak-nebaknya saja.

Dengarkan dan perhatikan

Banyak sekali media belajar bahasa Inggris yang bisa Kamu manfaatkan. Misalnya saja seperti TV, film, podcast, buku audio, dan lain sebagainya. Pada saat mendengarkannya, perhatikan juga bagaimana suara dan juga kata-kata yang diucapkan.

Praktek mengucapkan kata-kata dan juga frase dari waktu ke waktu

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan praktek secara sistematis, misalnya saja 15 menit dengan kamus atau bisa juga latihan pengucapan online. Selain itu, kamu juga bisa mengulangi beberapa kata sambil melakukan hal yang lainnya, misalnya saja menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah melakukannya secara teratur. Dengan cara seperti ini dijamin bisa membuat kemajuan yang sangat signifikan. Jadi sebenarnya tidak butuh waktu lama untuk bisa menguasai pronunciation dalam bahasa inggris.

Pelajari kata yang paling umum dengan cara yang sistematis

Untuk melakukannya, carilah daftar kata yang paling sering digunakan atau kosakata sehari-hari dalam bahasa Inggris kemudian cari pengucapannya. Dengan membiasakan hal seperti ini, dijamin dalam waktu singkat kamu akan merasakan kemajuan yang begitu pesat.

Sebenarnya tidak ada hal yang sulit jika dilakukan dengan cara yang tepat. Tetapi meskipun demikian, tetap fokus dan konsisten juga penting untuk dilakukan. Hal seperti ini juga berlaku jika ingin pronounciation kamu semakin baik.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *