6 Bahasa Bali yang Wajib Kamu Ketahui!

Bahasa Bali Nov 21, 2017 2 Comments

Pada dasarnya tidak terlalu sulit belajar bahasa Bali, sama halnya dengan bahasa Inggris dimana kamu bisa les bahasa Inggris di Bekasi dengan mudah Apalagi belajar bahasa keseharian masyarakat bali. Dan bagi Anda yang ingin berlibur ke bali, tahu sedikit bahasa daerah Bali bisa sangat membantu Anda ketika sudah berada di pulau Dewata ini.

Indonesia dikenal sebagai negara kepuluan yang kaya akan budaya, adat istiadat, dan juga bahasa daerahnya. Dari semua bahasa daerah tersebut tentunya memiliki karakteristik masing-masing.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Seperti bahasa daerah lainnya, masyarakat bali juga memiliki panggilan tersendiri saat menyapa orang lain di kehidupan sehari-hari. Sebagai pendatang, alangkah lebih baiknya jika Anda juga paham terkait hal seperti ini.

Panggilan Untuk Orang Bali Yang Harus Anda Kuasai Saat Traveling Ke Bali

Tahu mengenai panggilan orang Bali akan sangat membantu bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana. Jika Anda bisa menguasai bahasa masyarakat lokal maka sudah pasti keramah-tamahan masyarakat lokal akan Anda dapatkan secara berlebih.

Memang sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tahu jika penggilan orang Bali adalah ‘bli’. Pertanyaannya sekarang adalah apakah panggilan untuk orang Bali hanya ‘bli’ saja?

Tentu saja tidak. Masih banyak jenis panggilan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa panggilan untuk orang bali.

1. Bli

Bisa dikatakan jika ‘bli’ ini merupakan panggilan orang Bali yang paling populer yang diketahui oleh banyak orang. ‘Bli’ ini umumnya digunakan untuk memanggil laki-laki yang secara umur lebih tua. Selain itu juga sering digunakan untuk orang yang sebaya yang belum dikenal.

Dan ternyata panggilan ‘bli’ untuk orang sebaya yang belum dikenal merupakan panggilan paling halus ataupun paling sopan untuk orang Bali.

2. Gus

https://static1.squarespace.com/

Kata ‘gus’ ini berasal dari bahasa Bali ‘bagus’ yang berarti tampan atau ganteng. Panggilan ‘gus’ ini digunakan untuk memanggil laki-laki yang secara umur lebih muda dari Anda. Namun panggilan ‘gus’ ini juga bisa digunakan kepada orang sebaya yang belum Anda kenal tetapi pernah bertemu sampai bertegur sapa namun belum sempat berkenalan.

Penting untuk diperhatikan, jangan sekali-kali Anda memanggil dengan panggilan ‘gus’ kepada orang sebaya yang sebelumnya Anda benar-benar belum pernah bertemu dengan dirinya. Kenapa? Sebab panggilan tersebut kurang sopan.

3. Mbok

Khusus untuk orang Jawa, panggilan ‘mbok’ ini bisa menyebabkan cultural chock atau kebingungan budaya. Hal ini disebabkan, di Jawa panggilan ‘mbok’ ini untuk panggilan seorang ibu.

Namun berbeda dengan di Bali, panggilan ‘mbok’ ini digunakan untuk memanggil seseorang yang secara umur lebih tua tetapi tidak terlalu tua. Jika di Jawa, seringnya menggunakan kata ‘mbak’.

Dan pangilan ‘mbok’ ini digunakan untuk memanggil perempuan yang sedikit lebih tua dari Anda yang belum dikenal. Sama halnya dengan panggilan ‘bli’, panggilan ‘mbok’ ini tergolong panggilan yang paling sopan.

4. Gek

http://kajanebali.com/

Panggilan ‘gek’ sendiri berasal dari kata ‘jegeg=geg=gek’. Jika dartikan ke dalam bahasa Indonesia, ‘gek’ ini berarti cantik. Panggilan ‘gek’ ini dugunakan untuk memanggil perempuan yang sebaya dengan Anda sampai dengan yang secara umur lebih muda.

Yang perlu Anda pahami lagi, panggilan ‘gek’ ini bisa berkonotasi berbeda di Bali. Jadi ketika Anda berada di Bali dan Anda seorang perempuan, lalu dipanggil dengan panggilan ‘gek’ oleh laki-laki yang secara umur lebih muda dari Anda, maka kemungkinan besar saat itu Anda sedang digoda atau dirayu.

5. Bli Bagus

Jika Anda adalah seorang laki-laki dan juga buka orang Bali serta kebetulan sedang berada di Bali, kemudian Anda dipanggil ‘bli bagus’ oleh wanita yang belum Anda kenal, maka selamat karena saat itu Anda sedang digoda atau dirayu.

Atau jika Anda adalah seorang wanita dan melihat seorang pria yang gagah, ganteng, serta menawan lalu Anda tertarik, coba saja panggil dengan panggilan ‘bli bagus’, dijamin pria tersebut akan tersipu.

Jadi bisa dikatakan panggilan ini termasuk panggilan yang paling intim untuk para pria Bali. Panggilan ‘bli bagus’ ini paling banyak digunakan oleh wanita yang sedang merasakan kasmaran dengan pria pujaan hatinya. Jika di Jawa mungkin saja mirip dengan ‘kang mas’.

6. Bli Gus

https://www.luxviz.com/

Panggilan ‘bli gus’ ini berbeda dengan ‘bli bagus. Meskipun sebenarnya keduanya terdengar sangat mirip namun secara arti dan penggunaan sangatlah berbeda. Panggilan ‘bli gus’ ini ditujukan untuk laki-laki yang sedikit lebih tua. Panggilan ‘bli gus’ ini umumnya digunakan dikalangan bangsawan atau kasta Brahmana. Jadi panggilan ‘bli gus’ ini bukan panggilan intim.

Tetapi jika laki-laki yang lebih tua tersebut berkasata Ksatria maka Anda bisa memanggilnya ‘bli gung’ atau ‘bli agung. Lalu bagaimana dengan perempuan yang berkasta Brahmana atau Ksatria?

Anda bisa memanggilnya dengan panggilan ‘mbok gek’. Atau ‘gung gek’ untuk perempuan sebaya atau yang lebih muda dari Anda untuk yang berkasta Ksatria. Sedangkan jika berkasta Brahmana, Anda bisa memanggilnya dengan panggilan ‘tu gek.

Tentunya orang Bali akan lebih menghargai Anda jika dipanggil dengan panggilan yang tepat. Selain itu, sudah pasti mereka juga akan lebih ramah lagi dengan Anda. Terlebih lagi pada saat Anda memanggilnya dengan menggunakan bahasa Bali.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

2 Comments

  1. Putrision

    Wow. Makasih infonya 😀

    • Fani Ingglis

      Samo” makasih udah mampir ke web akuhhh. Pantengin terus yah Kak. Salam Indonesia Jaya 🇮🇩

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *