5 Langkah Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Gorontalo

Bahasa Gorontalo May 29, 2017 No Comments

Indonesia memang kaya dengan beragam budaya dan bahasa. Setiap daerah hampir memiliki bahasa yang berbeda. Salah satu bahasa yang menarik untuk di pelajari adalah Bahasa Gorontalo. Bagi Anda yang ingin melancong ke Gorontalo atau bahkan tinggal di Gorontalo tentu harus bisa menguasai Bahasa Gorontalo dengan cepat.

Provinsi yang baru berdiri sejak tahun 2000 ini memiliki banyak tokoh penting Nasional seperti presiden ke 3 Indonesia B.J. Habibie, sastrawan Indonesia H.B. Jassin serta pemain sepakbola Firman Utina. Ketiganya mampu melakukan percakapan bahasa Inggris dan mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

[extoc]

Berikut Cara Cepat Belajar Bahasa Gorontalo

1. Pelajari Kata-Kata Dasar

Mau belajar apapun bahasanya, hal yang paling penting adalah dengan mengetahui tentang kata-kata dasar yang sering digunakan. Kata-kata dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari akan sangat membantu bagi Anda untuk bisa mendapatkan proses pembelajaran yang lebih lancar nantinya.

Kata dasar ini juga harus Anda ingat secara terus menerus. Ditambah lagi, Anda juga harus menambahkan beberapa kata yang akan Anda ingat setiap harinya. Paling tidak luangkan waktu untuk mengingat 5 kata setiap hari. Lama kelamaan nanti kosa kata yang dihafal menjadi banyak sehingga bisa lancar dalam berbahasa Gorontalo.

Kata dasar yang harus dihafal misalnya seperti:

Pongaalalo atau alat untuk makan ada : “gelas” dalam bahasa Gorontalo disebut dengan “Halati”, kemudian “titiidu” yang artinya “sendok”, teko yang disebut dengan “poti atau poci” dan lainnya.

2. Berlatih Percakapan Sederhana

Jika sudah mulai terbiasa dengan akta-kata dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari kemudian bisa melanjutkan ke tingkat pembelajaran yang lebih lanjut yaitu belajar untuk melakuakn percakapan sehari-hari. Bukan percakapan yang panjang dan lebar, tetapi belajar terlebih dahulu tentang percakapan untuk menyapa, salam ataupun ungkapan permisi.

Hal yang paling dasar adalah ketika harus belajar menyapa dan juga membalas sapaan dari orang lain. Belajar dari yang tingkat dasar ini akan membuat Anda bisa untuk terus meningkatkan kualitas Anda dalam melakukan percakapan hingga ke tingkat yang mahir nantinya.

Contohnya:

Untuk menanyakan kabar bisa dengan mengucapkan “Hinda waloolo habari?” yang memiliki arti “Bagaimana Kabar?”

Kemudian untuk membalasnya dengan “Alhamdulillah pio-piohu” yang berarti “Alhamdulillah baik-baik”

Photo Credit: -AX- Flickr via Compfight cc

3. Berteman dengan Orang Gorontalo

Manfaatkan media sosial untuk bisa berteman dengan orang-orang yang mahir bahasa Gorontalo terutama orang asli Gorontalo. Mereka akan menjadi guru Bahasa Gorontalo terbaik karena bisa lebih tahu tentang bagaimana Bahasa Gorontalo yang baik dan benar.

Bukan hanya sekedar dari bahasa yang dasar, tetapi orang Gorontalo pasti lebih paham tentang bahasa apa yang akan digunakan untuk sehari-hari, kepada teman, orang yang lebih tua dan sebagainya. Sehingga, kemampuan bahasa Gorontalo Anda pun tidak akan terhenti dan tidak hanya begitu-begitu saja.

4. Praktekkan Terus Menerus

Dengan terbiasa mengucapkan dan mendengarkan suatu bahasa akan semakin mudah untuk diserap. Oleh karena itulah, untuk bisa berbahasa Gorontalo dengan baik jangan segan-segan untuk terus mempraktekkannya baik itu hanya dengan bercakap-cakap sendiri ataupun dengan orang lain. semakin banyak diasah, bahasa akan semakin mudah untuk dicerna.

5. Mengikuti Media Lokal Gorontalo

Semakin dekat dengan Bahasa Gorontalo maka semakin mahir dalam berbahasa Gorontalo. Oleh karena itulah, paling tidak Anda harus bisa mengikuti akun ataupun media sosial yang bercakap-cakap dengan menggunakan Bahasa Gorontalo.

Saat ini sudah banyak media sosial terutama Instagram yang menggunakan bahasa daerah. Dengan mengikuti akun ini Anda lebih bisa lebih paham dan tahu apa bahasa yang digunakan sehari-hari dan menambah kosa kata setiap harinya agar bahasa daerah semakin bersaing dengan bahasa Inggris. Berbahasa Gorontalo pun saat ini sudah bukan menjadi hal yang sulit bagi Anda lagi.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *