40 Kosa Kata Bahasa Madura Beserta Artinya

Bahasa Madura May 23, 2017 20 Comments

Bahasa Madura merupakan bahasa sehari-hari yang digunakan oleh orang suku Madura. Penutur bahasa Madura kurang lebih mencapai 14 juta orang yang berpusat di Pulau Madura. Banyaknya orang-orang Madura yang bermukim di kota-kota lain membuat bahasa mereka sering didengar, ditirukan dan tidak sedikit orang yang melakukan pelajaran bahasa Madura.

Umumnya saat mereka berada di kota lain pastinya menggunakan bahasa Indonesia, namun ketika sudah bertemu teman satu sama lain yang satu daerah otomatis mereka akan menggunakan bahasa daerah mereka. Oleh karena itu, Indonesia mempunyai suku, budaya dan bahasa yang beraneka ragam dan membuat satu sama lainnya ingin mengerti bahasa dari masing-masing daerah dengan tujuan untuk mempermudah dalam berkomunikasi.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

[extoc]

Tips Belajar Bahasa Madura

Berikut ulasan lengkap untuk belajar bahasa Madura beserta artinya :

  • “oreng” dalam bahasa Madura berarti “orang”.
  • “tadâ’” berarti “tidak ada” kata ini mirip dengan bahasa Melayu Pontionak yaitu “tadak”.
  • “dhimma” dibaca “dimmah” yang berarti “mana”, mirip dengan bahasa Minangkabau yaitu “dima”.
  • “cakalan” berarti “tongkol” serupa dengan suku Bugis, namun di suku Bugis
  • “cakalang” bunyinya tidak sengau.
  • “ongghu” artinya “benar atau sungguh”
  • “Kamm” dapat diartikan “kemana”. Kata ini mirip dengan bahasa di Mingkabau yaitu kama”.

Untuk mengucapkan kata :

  • minum” dalam bahasa Madura yaitu “ngenom”.
  • Sementara untuk”makan” yaitu “ngakan”.
  • “toles atau noles” yang artinya “menulis atau tulis”.
  • “mecah atau becah’ berarti “membaca atau baca.
  • Untuk mengucapkan kata “jalan-jalan’ dalam bahasa Madura yaitu “ajelen atau ajelan”.
  • “buruh atau aberkak” berarti “berlari atau lari”.
  • “duduk” dalam bahasa Madura yaitu “tojuk”.
  • “berdiri” dalam bahasa Madura yaitu “manjeng atau naddhek”.
  • “jegeh atau tangeh” yang artinya “bangun” (ketika memberikan penegasan untuk segera bangun dari tempat tidur.
  • “tedung” artinya “tidur”.
  • Mengantuk atau ngantuk dalam bahasa Madura yaitu “katondu atau ngantok”.
  • “entar” artinya “pergi”.
  • “deteng” yang berarti “datang”.
  • Sementara untuk”berbicara’ dalam bahasa Madura yaitu “ngocak”.
  • “ngakak atau agellek” artinya “tertawa”.
  • Lain halnya jika Anda hanya senyum atau tersenyum maka Anda menggunakan kata “mesem”.
  • “gendek, carpak, atau ngomong” memiliki arti “bohong”.
  • “onggu atau ongguan” artinya “benar”.
  • “mandih” yang berarti “mandi”.
madura

Photo Credit: P.Prasetiya Flickr via Compfight cc

Kata berikut merupakan kata benda, jadi coba Anda hafaldan praktekkan dalam sehari-hari:

Kata Benda

  • “aeng” berarti “air”.
  • “nase’” artinya “nasi”.
  • “buje” diartikan “garam”.
  • “botol” dalam bahasa Madura “butol”.
  • “bental” artinya “bantal”.
  • “soprei” artinya “seprei”.
  • “selimut” dalam bahasa Madura “sapo’”.
  • “lamoreh” artinya “lemari”.
  • ‘soroi’ diartikan “sisir”
  • Bede’ memiliki arti “bedak”.

Kata dalam Bahasa Madura Sebagai Subjek

  • “ma’, mbok, ebuh, mok” artinya “ibu”.
  • “aba, bapak, rama” artinya “ayah”.
  • “cacak” diartikan sebagai “kakak”.
  • Sementara untuk kata “adik” yaitu “ale”.
  • “iyu, neng, ajuh, dan mbhuk” yang artinya “mbak”.
  • Smentara untuk “paman” dalm bahasa Madura “yaitu “paman, pak de, paklek, wak, makene, gutteh”.
  • “bibi” dalam bahasa Madura “bu de, bu lek dan bhebhek”.
  • Sebutan untuk “kakek” dalam bahasa Madura yaitu “kai, yai, mba lakek”.
  • “nyai, mba binerk” artinya “nenek”
  • Untuk “teman” bahasa Maduranya yaitu “kancah”.
  • “laben atau moso” artinya “musuh”.

Kata Sifat:

  • “nakal” dalam bahasa Madura “melleng, mokong, tambeng atau nakal”.
  • “becik, bagus, sopan aritnya “baik”.
  • “tak ngatelak” yang berarti “buta”.

Itulah beberapa kosa kata dalam bahasa Madura yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini dapat membantu Anda didalam mempelajari bahasa, khususnya bahasa Madura. Semoga bermanfaat.

 

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

20 Comments

  1. mahrus

    Bahasa maduranya ada yg salah

    • Fani Ingglis

      Owh iya? yang dibagian apa ya yg salah?

  2. Mz Lee

    Buta sudah pasti tak ngatelak, tapi tak ngatelak bukan berarti buta. Mungkin lebih pasnya tak ngatelak ‘tidak melihat’.

    Mohon maaf, saya bukan orang Madura, tapi bahasanya insya’allah fasih (include) kasar, halus, tinggi.
    Setahu saya, di Madura sendiri lain daerah lain bahasa untuk satu kata. Contoh kata “KAMU”, disitu bisa “KAKEH, SEDEH, BE’NAH, SAMPEAN, PANJENENGAN, AJUNAN” tergantung dimana kita berada.
    Oke, good job, selamat berkreasi.

    • Fani Ingglis

      Hi Mas, terima kasih loh masukannya. Semoga kita semakin bangga dengan ragam daerah di Indonesia dan makin cinta dengan Indonesia yang damai dan tentram ya :). Sukses selalu buat Mas

    • Yusuf

      Tak ye artinya iya gak? digunakan kalo ngobrol-ngobrol dan diakhir, bertanya “tak iyeh?” .. Yang artinya, Iya ngga?

      Itu bahasa madura yang biasa, kalo yang halus (biasa dipake dalam percakapan orang tua)

      Engkhi apa phunten (iya apa enggak?)

      • Fani Ingglis

        Terima kasih masukannya yah Kak

  3. Khadafi

    Apa maksudeh okara
    Nase’ war-kawar
    Nase’ pote
    Asella jhagung
    Nase’ jhegung
    Asella tela

  4. Ami

    Mas bantuin dong trjemahin ini arti nya ap y “be’en tak kera taoh, de’remmah sake’en tang behten jheu derih trentan bik oreng tuah, tadek kenengan kebei berkeluh mun bede kesedihan, dengki’ benni kenyamanan odik engak riah, sossa sarah ko’ yeh

  5. Fitria

    Artinya.
    Kamu tidak pernah tau, bagaimana sakitnya batinku jauh dari saudara dan orang tua. Tidak ada tempat untuk berkeluh hanya ada kesedihan.
    Dengki bukan keenakan hidup seperti ini
    Susah banget seperti ini

    Maaf kalok salah satu artinya ada yang salah.

    • Zaini

      Sossa sarah kok yeh
      (Susah banget aq ea)

      Aq- asli madura

      • Fani Ingglis

        Makasih udah mampir di web aku yah Kak, Indonesia semakin Jaya ya Kak 🇮🇩

  6. Via aja

    Jerengkong ngah aomber pole artinya pha si??please artiin donk

  7. slamet bowo

    saya orang jawa asli, lahir, besar dan tinggal di lampung,…niat awalnya saya mempelajari sejarah NU yang tak lepas dari tokoh ulama Syaikhona Kholil.. lalu saya download ratusan video ceramah berbahasa madura, pidato, lagu, dan drama berbahasa madura,.. sambil download kamus madura… sekarang saya sudah dapat berkomunikasi dengan teman orang madura. salam settong ateh taretan satedjeh.

    • Fani Ingglis

      Indonesia Jaya ya Kak 🇮🇩

  8. Hany Aprilya

    Yang disini orang madura tolong dong follow instagram dan DM gw nama nya hanyaprilya
    Tolong dm
    @hanyaprilya

    • Fani Ingglis

      Makasih udh mampir ya Kak, salam Indonesia Jaya 🇮🇩

  9. udell

    Manusia belum tentu ada yang baik semua bahasa maduranya apa

  10. bacabaca

    @udell: Manussah tak tantoh bhagus kabbi

  11. Lifatus Sairoh

    Maaf mohon di Ralat lagi kata-katanya dan tulisannya. Dalam penulisan bahasa madura Yang berawal kata ( DH, JH, BH,)
    seperti yg telah tertulis di atas
    Untuk kata (°Bibi” ) yang bener Bebe’ bukan bhebhek
    Untuk (paman) yg benar Ghutteh bukan gutteh
    Untuk (Benci) yg bnar Bejhi’ bukan becik
    untuk (Bedak) yg bnar Beddhe’ buka Bede’
    dan untuk yang Tak ngetelak lebih tepatnya (tidak melihat) bukan BUTA . Kalau BUTA itu Butah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *