10 Tips Mudah Belajar Bahasa Jerman

Bahasa Jerman May 29, 2017 No Comments

Jika Anda ingin belajar bahasa Jerman maka salah satu tantangan terbesarnya adalah komunikasi. Dua tahun pertama pasti Anda akan merasa kesulitan dalam berkomunikasi. Meskipun dapat memahami percakapan dalam bahasa Jerman akan tetapi kemampuan menanggapi biasanya akan sangat terbatas.

Biasanya Anda akan memberikan tanggapan dengan jawaban singkat seperti “Nein/Ja” dan tidak berani untuk menyampaikan kalimat lengkap, karena percakapan bahasa Jerman lebih sulit dibanding percakapan bahasa Inggris. Mengenai permasalahan tersebut tentunya Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips mudah untuk belajar bahasa Jerman.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

10 Cara Mudah Belajar Bahasa Jerman dengan Cepat

1. Pelafalan/Pronunciation

Bahasa Jerman sebetulnya memiliki pelafalan yang mirip dengan bahasa Indonesia. Akan tetapi a da beberapa suku kata yang berbeda dengan bahasa Indonesia yakni “, ä, z, j, ü, öst, w”. Misalnya saja “Stuhl” yang artinya kursi. “S” di sana harus dibaca “She” dalam bahasa Inggris dan diikuti dengan “thul”.

2. Banyak Mendengar, Membaca, dan Menulis

Anda dapat dibantu dengan cara membaca, menulis, dan mendengar. Anda dapat melihat acara TV Jerman secara langsung atau juga sekarang ini sudah sangat banyak acara TV Jerman yang dan film-filmnya yang sudah di dubbing ke dalam bahasa Jerman.

TV Jerman dapat dijadikan media yang bagus dalam belajar bahasa Jerman. Untuk membaca biasanya dimulai dengan teks pendek sekitar 100-600 kata. Usahakan juga untuk mengerti kosa kata dan gramatik yang digunakan.

3. Pahami Gramatik dan Kosa Kata Tanpa Penjelasan Bahasa Indonesia

Lebih baik belajar bahasa Jerman dengan menggunakan bahasa Jerman. Maksudnya adalah usahakan untuk mengartikan kata-kata dengan bahasa Jerman. Hal yang dapat membantu adalah dengan menggunakan gambar. Usahakan untuk tidak menyamakan gramatik bahasa Jerman dan  bahasa Indonesia.

Misalnya saja ’’Saya dapat pindah tempat duduk?’’ Maka bila diartikan satu persatu “ich kann den Sitzplatz umziehen”. Dalam bahasa Jerman “umziehen” tidak digunakan sehingga hanya  “Ich danke du”.

4. Mencoba Berbicara

Ketika Anda sudah mendengar, membaca, dan menulis alangkah baiknya jika Anda berbicara dalam bahasa Jerman. Ajaklah teman Anda  yang belajar bahasa Jerman juga untuk berkomunikasi. Tidak semua orang Jerman mudah  untuk dipahami dan diajak berkomunikasi. Cukup dengan perbincangan 3–5 menit akan sangat membantu Anda.

jerman

5. Pelajari Kosakata yang Benar

Lebih baik cari kosa kata  yang familiar dan sering digunakan dalam percakapan sehingga Anda akan mudah dalam berkomunikasi dengan orang Jerman.

6. Cari Keterkaitan Kosakata Satu Sama Lain

Anda harus mengetahui kata dasar tanpa sadar. Contohnya adalah sakit, mahal, dan anak yang sama dengan bahasa Jerman lainnya. Kata  telat sama dengan kata terlambat dalam bahasa indonesia.

7. Pentingnya Variasi Belajar

Variasi belajar dibutuhkan untuk menghindari kejenuhan. Anda dapat menggunakan 3 variasi yakni materi, kegiatan, dan variasi posisi.

8. Perluas Kosa Kata dengan Mnemoik (Kata Penting)

Hafalan kosa kata akan mengukir ingatan akan kosa kata yang baru yang Anda pelajari. Akan tetapi bukan tidak mungkin sesekali dapat lupa. Anda dapat belajar dengan mengingat kata-kata penting terlebih dahulu.

9. Jaga Kuantitas dan Kualitas Belajar

Dalam belajar bahasa Jerman Anda harus menomor satukan kualitas belajar sebagai pondasi yang kuat untuk mahir bahasa Jerman.

10. Komitmen dan Konsisten

Anda harus konsisten dan komitmen dalam belajar bahasa Jerman. Tidak peduli alasan Anda karena dengan niat semuanya akan berjalan dengan lancar.

Itulah tips mudah yang bisa Anda pahami dalam belajar bahasa Jerman. Beberapa hal sangat mudah Anda lakukan dan semangat belajar pastinya yang  utama. Dengan melakukan tips diatas kemampuan anda berbahasa Jerman akan sama mahirnya dengan bahasa Inggris anda.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *