10 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Bahasa Inggris May 16, 2017 No Comments

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional dimana jika mempelajari bahasa ini dengan baik maka akan membawa keuntungan. Untuk bisa mahir dan menguasai bahasa Inggris bisa dilakukan dengan tips-tips yang mudah.

Bahkan, sebenarnya tanpa les pun bahasa Inggris bisa dipelajari dengan mudah. Pelajaran bahasa inggris sebenarnya juga bukan hal yang sulit. Baik bagi pemula belajar berbahasa Inggris bisa dilakukan sendiri tanpa les dengan berbagai cara berikut ini.

Mau Jago Bahasa Inggris? Klik dan dapatkan Promo Diskon Hemat 2,3 Juta di EF Go Global 2019 untuk Kursus/Les Bahasa Inggris di EF English First. Belajar Bahasa Inggris makin seru, hanya di EF!

1. Pelajari Cara Membaca Alphabet dalam Bahasa Inggris

Hal yang paling dasar dan sangat penting untuk dilakukan ketika ingin mempelajari bahasa asing adalah dengan belajar membaca alphabet dalam bahasa tersebut dengan benar. Begitu juga dengan bahasa Inggris harus Anda pelajari terlebih dahulu bagaimana membaca alphabet dengan cara yang benar.

letter A letter B letter C letter D letter E letter F letter G letter H letter I

letter J

 

2. Pelajari Kata-kata dan Kalimat Dasar

Kata-kata dan kalimat dasar sangat penting untuk dipelajari sebagai bekal paling dasar untuk lebih mengenal bahasa Inggris. Kata-kata atau kalimat dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu seperti saya, dia, mereka, kami, angka ataupun huruf. Bahasa Inggris dari kata dasar tersebut adalah I, she (dia perempuan), he (dia laki-laki), they (mereka) dan angka.

3. Target Kosakata Kata dalam Sehari

Hal yang paling mendasar ketika belajar bahasa asing adalah dengan memperkaya kosa kata yang Anda miliki. Harus ada target berapa kata yang akan dihafal dalam waktu sehari. Luangkan waktu sejenak untuk menghafal kosa kata baru sehingga dari hari kehari bisa mendapatkan kosakata yang bertambah.

4. Tempelkan Kosakata di Kamar

Apa yang Anda lihat akan menjadi lebih cepat untuk diingat. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk menempelkan setiap kosa kata yang sekiranya sulit di tempat yang biasa untuk Anda lihat. Dengan terus membacanya maka Anda bisa lebih mudah untuk mengingat kosa kata tersebut.

5. Baca Buku Percakapan dalam Bahasa Inggris

Percakapan menjadi hal yang paling dasar. Untuk lebih mudahnya Anda bisa mempelajari bahasa Inggris dengan mempelajari percakapan terlebih dahulu. Menguasai percakapan juga akan membuat proses belajar untuk speaking menjadi lebih lancar lagi.

6. Pelajari Tentang Grammar

Grammar memang sudah menjadi satu bagian bahasa Inggris yang paling tinggi. Tetapi, tetap harus dipelajari dengan hati-hati karena salah grammar akan menimbulkan arti yang berbeda.

7. Baca Buku atau Artikel Bahasa Inggris

Pada setiap buku dan artikel bisa menemukan kata-kata baru sehingga Anda bisa menambahkan kosa kata baru dan memperkaya kosa kata yang Anda miliki. Setiap kata tersebut bisa Anda catat supaya bisa lebih dihafalkan.

8. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Membiasakan diri dengan berbagai kata Bahasa Inggris dan lebih mempertajam pendengaran dengan berbagai kosa kata ataupun kata bahasa Inggris bisa dilakukan dengan mendengarkan berbagai lagu bahasa Inggris. Setiap harinya Anda bisa mendengarkan setiap lagu bahasa Inggris kesenangan Anda sehingga lebih mengenali tentang berbagai kosa kata.

9. Menonton Film atau Berita Bahasa Inggris

Dari film ataupun berita Anda akan mendapatkan nilai tambah bukan hanya belajar tentang bahasa Inggris itu sendiri tetapi juga tentang kebiasaan, tutur kata, sopan santun, budaya dan sebagainya. Selain itu, dengan menonton film, proses belajar pun akan menjadi semakin menyenangkan dan tidak monoton.

10. Latihan Berbicara Bahasa Inggris

Untuk bisa memperlancar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sangat penting untuk bisa mempraktekkannya secara langsung. Berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris baik dengan teman akan menjadi satu cara yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan baik.
Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk bisa bercakap dengan orang asing yang berbahasa Inggris. Anda bisa memperbaiki kemampuan writing ataupun speaking dengan orang tersebut secara langsung.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *