10 Langkah Belajar Bahasa Dayak Ngaju dengan Cepat

Bahasa Dayak May 29, 2017 2 Comments

Bahasa Dayak di Kalimantan Tengah disebut juga bahasa Dayak Ngaju. Beberapa sub suku Dayak seperti Katingan, Kapuas, Tengah, Mengkatip, dan Bakumpai pada dasarnya menggunakan bahasa yang sama, yakni bahasa Dayak Ngaju atau bahasa Dayak Kalimantan Tengah.

Berikut ini cara belajar  Bahasa Dayak Kalimantan Tengah yang dapat Anda jadikan sebagai pedoman ketika akan belajar bahasa Dayak Kalimantan Tengah atau biasa disebut bahasa Dayak Ngaju :

dayak

Photo Credit: verry sahagun Flickr via Compfight cc

1. Memiliki Kemauan yang Kuat

Modal utama untuk mempelajari suatu bahasa, baik itu percakapan bahasa Inggris atau bahasa daerah di Indonesia adalah memiliki kemauan yang kuat dari diri sendiri.

Dengan memiliki niat yang kuat tentunya dapat memacu diri untuk tetap semangat belajar menguasai bahasa tersebut. Begitu juga dengan bahasa Dayak Ngaju, apabila sudah ada niat yang kuat dari dalam hati maka proses belajar bahasa Dayak Ngaju pun menjadi lebih bersemangat dan tanpa beban.

2. Berteman dengan Warga Suku Dayak Ngaju

Tips berikutnya adalah dengan mencari teman yang berasal dari suku Dayak Ngaju asli. Tentunya dengan belajar langsung dengan cara bercakap-cakap langsung dengan orang Dayak Ngaju akan mempermudah Anda yang ingin belajar bahasa Dayak Ngaju untuk percakapan sehari-hari.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 6 Hari klik link biru ini Payday Kursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

3. Telaten dan Ulet

Untuk mempelajari bahasa Dayak Kalimantan Tengah atau Dayak Ngaju ini diperlukan ketelatenan serta keuletan agar bisa berbahasa dengan baik dan lancar. Dengan telaten dan ulet maka proses mempelajari bahasa akan lebih cepat dari biasanya.

4. Mendengarkan Suku Dayak Ngaju yang sedang Bicara

Tips berikutnya adalah mendengarkan ketika ada orang dari Dayak Ngaju yang sedang berbicara dengan bahasa Dayak Ngaju. Perhatikan baik-baik apa yang mereka ucapkan dan coba untuk pahami maksudnya. Apabila saat mereka berbicara ada kata-kata yang kurang Anda pahami bisa langsung ditanyakan apa maksudnya.

5. Amati Kemiripan Bahasa Dayak Ngaju

Setiap bahasa dari suatu daerah pastinya memiliki sisi kemiripan dalam kosa kata yang dimiliki. Dengan mempelajari kemiripan kosa kata yang ada di bahasa Dayak Ngaju dengan daerah Anda akan mempermudah proses memahami kosa kata yang ada di bahasa Dayak Ngaju.

6. Memperbanyak Kosa Kata

Langkah yang selanjutnya adalah memperbanyak kosa kata tentang bahasa Dayak Ngaju. Jika Anda memiliki banyak kosa kata tentu akan mempermudah dalam penyampaian maksud pembicaraan yang menggunakan bahasa Dayak Ngaju.

7. Buat Catatan Kecil

Langkah berikutnya adalah dengan membuat catatan kecil tentang bahasa Dayak Ngaju yang belum Anda pahami dan perlu untuk dipelajari lagi.

8. Manfaatkan Media Sosial

Langkah berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk belajar bahasa Dayak Ngaju. Media sosial yang dapat digunakan bisa Facebook, BBM, dan lain-lain. Jika Anda menggunakan Facebook caranya adalah dengan berteman dengan orang dari Dayak Ngaju yang menggunakan bahasa Dayak Ngaju asli.

9. Praktek Langsung

Langkah selanjutnya adalah melakukan percakapan dan kosa kata yang sudah Anda pelajari. Apabila Anda sering melakukan percakapan dalam Bahasa Dayak Ngaju tentu akan mempercepat proses belajar bahasa Dayak Ngaju, selain itu juga memori tentang bahasa Dayak Ngaju yang sudah dipelajari menjadi lebih tahan lama atau tidak mudah terlupakan.

10. Banyak Menerjemahkan

Langkah yang selanjutnya adalah banyak menerjemahkan bahasa Dayak Ngaju ke bahasa Anda sendiri. Maka dengan sendirinya kemampuan Anda dalam berbahasa akan meningkat.

Itulah cara belajar bahasa Dayak Kalimantan Tengah atau biasa disebut dengan bahasa Dayak Ngaju yang bisa Anda jadikan pedoman ketika akan belajar bahasa Dayak, baik itu untuk menambah pengalaman atau sebagai bekal ketika berencana untuk berkunjung ke suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah.

Jhonny Ingglis

Heyy... if someone calls you ugly , then do not despair because it is not necessarily the person is telling a lie.

2 Comments

  1. Rika alini

    Bhasa dayak ngajunya sayang apa?

  2. Hafidz

    Kapehe takolok yaku…. Mun Buhan plan artinya naach ulun padahi artinya Tuh sakit kepalaku…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *