10 Aplikasi Handphone Android ini Bikin Kamu Jago Bahasa Jawa Yuk Belajar Bahasa Daerah Lokal

Bahasa Jawa Aug 09, 2019 No Comments

Di era digital seperti sekarang ini dengan maraknya aplikasi Android dan semisalnya, banyak sekali media pembelajaran yang dirancang untuk semakin memudahkan saat ingin belajar sesuatu. Termasuk diantaranya adalah belajar bahasa Jawa. Selain itu, belajar juga akan semakin menyenangkan. Kenapa? Sebab belajar tidak ada bedanya dengan bermain. Metode pembelajaran seperti ini tentu saja sangat cocok jika diaplikasikan untuk anak usia dini. Sebab kecenderungan bermainnya lebih besar dari pada belajar dengan serius. Tapi tidak menutup kemungkinan sangat cocok juga jika diaplikasikan ke orang dewasa.

Kenapa? Sebab meskipun secara usia sudah dewasa, jika disuruh belajar dengan serius tanpa ada selingan hiburan juga kebanyakan tidak akan bertahan lama. Berbeda jika belajar dikonsep dengan cara yang berbeda seperti ini.

Contohnya saja belajar bahasa Jawa dengan menggunakan aplikasi perangkat mobile berbasis Android ini. Sebuah metode baru yang dijamin akan lebih mudah dan menyenangkan saat belajar bahasa Jawa. Sebab kebanyakan aplikasi tersebut berbasis game.

Kamus Lan Tahun Jawa

kamus lan jawa

Game yang satu ini berisi kamus bahasa Jawa Indonesia dan cara membaca tahun Jawa. Pada game tersebut juga terdapat simulasi dan soal tes. Nantinya pada akhir tes akan diketahui nilai yang berhasil Anda peroleh.
Media Pembelajaran Bahasa Jawa untuk SD

Media ini memang sengaja dibuat untuk membuat siswa SD (Sekolah Dasar) lebih mudah saat belajar bahasa Jawa. Dalam media ini terdapat 4 konten yang bisa Anda nikmati, seperti:

1. Unggah-ungguh Basa

Di dalam konten bernama unggah-ungguh basa ini berisi pacelathon basa ngoko dan basa kramanya, sehingga akan lebih memudahkan pada siswa memahami bagaimana cara menggunakan basa krama yang benar sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kamus unggah-ungguh bahasa Jawa.

2. Aksara Jawa

Dengan adanya konten seperti ini, siswa bisa lebih mudah belajar aksara Jawa serta bagaimana cara membaca dan menulisnya.

3. Wayang

Konten ketiga ini berisikan materi mayang Punokawan dan Pandhawa Lima disertai dengan gambar dan penjelasannya.

Klik Link Back To School 2019Diskon 2,5 Juta untuk Semua Level, Buruan jangan ketinggalan Kursus Bahasa Inggris di EF!

4. Lagu Dolanan

Untuk konten yang terakhir ini berisikan hiburan, dimana para siswa bisa mendengarkan beberapa lagu dolanan dari Jawa Tengah.

Aksar Jawa

aplikasi  aksara jawa

Aplikasi yang diberi nama Aksara Jawa ini bisa digunakan untuk semua kalangan, baik anak-anak, ramaja, hingga orang dewasa. Selain itu, aplikasi belajar bahasa Jawa yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai macam materi serta avaluasi-evaluasi yang terbilang cukup lengkap.

Pendekar Aksara Jawa

Aplikasi belajar Bahasa Jawa berikutnya dibuat dalam bentuk game edukasi. Sebuah aplikasi pembelajaran aksara Jawa yang memiliki fitur tutorial, game, dan petunjuk. Untuk tutorial, digunakan mempelajari apa saja aksara jawa yang ada. Kemdian untuk game, digunakan untuk hiburan sekaligus tantangan menghafal aksara-aksara Jawa. Dan, petunjuk digunakan untuk melihat seperti apa tata cara bermain dalam fitur geme yang satu ini.

Haname Belajar Akasara Jawa

Aplikasi ini berisikan seorang tokoh bernama Haname yang akan membantu Anda belajar bahasa Jawa hingga pintar. Selain itu, di dalam aplikasi ini terdapat beragam fitur menarik yang akan membuat belajar bahasa Jawa menjadi semakin mudah dan tidak membosankan.

Translator Jawa

Sebuah aplikasi layanan terjemahan online Bahasa Indonesia ke Bahasa Jawa dan sebaliknya yang menggunakan unggah-ungguh bahasa Jawa. Untuk bahasa yang didukung adalah bahasa Jawa, Ngoko, Krama, dan Krama Inggil.
Kemudian terkait dengan fitur apa saja yang dimiliki oleh aplikasi Translator Jawa ini adalah sebagai berikut:
1. Terjemahan dari Indonesia ke Ngoko dan sebaliknya
2. Terjemahan dari Indonesia ke Krama dan sebaliknya
3. Terjemahan dari Indonesia ke Krama Inggil dan sebaliknya
4. Pencarian kata atau kamus
5. Dan tombol salin hasil terjemahan.

Game Suraja (Susunan Aksara Jawa)

Aplikasi belajar bahasa Jawa berbentuk game selanjutnya bernama Game Suraja. Game ini diperuntukkan untuk siswa SD. Game ini berisikan cara mengimplementasikan cara penyusunan aksara Jawa. Selain itu juga terdapat fasilitas yang disediakan dalam media ini, seperti:
1. Disesuaikan dengan kebutuhan belajar
2. Bisa diimplementasikan di kelas
3. Pengenalan aksara Jawa
4. Pengenalan angka Jawa
5. Cerita tentang aksara Jawa
6. Pengenalan vocal Jawa
7. Poin disetiap pembelajaran
8. Dan bebagai level yang tersedia sesuai dengan kemampuan.

Kamusku: Jawa (Indonesia)

Aplikasi ini berbentuk kamus digital Indonesia – Jawa offline. Aplikasi ini bersikikan kata-kata dalam bahasa Indonesia yang bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa dan sebaliknya.

Belajar Bahasa Jawa

Aplikasi belajar bahasa Jawa yang satu ini bisa dipergunakan sebagai kamus sederhana untuk menterjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Jawa. Baik ke Jawa Ngoko, Krama, hingga Krama Inggil. Apliaksi ini berisikan kosakata sehari-hari yang sering digunakan untuk komunikasi.
Bagi Anda yang baru pertama kali belajar bahasa Jawa, mungkin aplikasi yang satu ini bisa sangat membantu. Terlebih lagi jika Anda ingin mencoba berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jawa untuk pertama kalinya.

Pepak Belajar Basa Jawa

Pepak Belajar Basa Jawa ini merupakan kamus belajar bahasa Jawa yang berisi konten edukatif mengenai materi dalam bahasa Jawa. Aplikasi ini berisi kosakata, Aksara Jawa dan jenisnya, hingga berbagai istilah-istilah dalam bahasa Jawa.

Pepak Basa Jawa juga didesain dengan tampilan yang edukatif sehingga akan lebih memotovasi anak-anak usia dasar saat belajar Bahasa Jawa. Dan pastinya bisa membuat anak-anak tidak cepat bosan.
Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital semacam ini, kemungkinan besar belajar bahasa Jawa akan semakin mudah lagi. Dan, yang terpenting sebenarnya adalah belajar tidak menjadi kegiatan yang membosankan.

Fani Ingglis

~To be a long life learner and with ink to the cemetery~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *